Populer Kudus

Viral Gedung Desain Klasik Berlogo Muhammadiyah di Kudus, Ini Faktanya

Viral Gedung Desain Klasik Berlogo Muhammadiyah di Kudus, Ini Faktanya

Muriamu id, Kudus – Baru-baru ini viral beredar foro sebuah gedung berwarna krem dan merah tua dengan desain eropa klasik di media sosial facebook. Uniknya, foto gedung yang disebut mirip gereja tersebut berlogo Muhammadiyah di bagian atas dan Pemuda Muhammadiyah di bagian bawah.

Berdasarkan penelusuran muriamu.id, foto tersebut benar adanya dan merupakan sebuah gedung yang berada di desa Getassrabi, Gebog Kudus, Jawa Tengah. Tepatnya di Jalan Besito – Kaliwungu pertigaan wage, turut desa Getassrabi.

Gedung yang menjulang tinggi dan mempunyai menara di bagian atapnya itu adalah Grha Pemuda Muhammadiyah Getassrabi. Sebuah gedung yang dibangun dan merupakan amal usaha Pemuda Muhammadiyah Getassrabi.

Berjarak sekitar 6 km di sebelah barat Simpang Tujuh Kudus, akses menuju ke lokasi gedung ini tidaklah sulit. Dari Simpang Tujuh ke barat ke arah Jepara, sampai di pertigaan arah pemancingan Honocoroko setelah sub terminal Jetak, kita bisa belok kanan sekitar 2 km. Gedung ini ada di kiri jalan di area Wage Trade Centre, tepatnya di belakang bangunan PKU Muhammadiyah Getassrabi.

“Grha Pemuda Muhammadiyah merupakan bangunan baru, bukan konversi atau perubahan dari bangunan lain. Dibangun untuk fungsi sosial dan ekonomi, bukan kegiatan ibadah.” jelas Fiki.

“Inspirasi design Graha dari bangunan-bangunan lama peninggalan Belanda yang bergaya Eropa klasik. Sengaja kami memilih desain yang tidak biasa, sebagai inspirasi bahwa generasi muda Muhammadiyah itu bukan orang biasa, dan bisa menjadi generasi yang mendunia.” tambahnya.

Desain Unik dan Instagrammable

Memasuki pelataran Grha, terlihat bahwa desain gedung ini memang unik dan tidak biasa. Begitu turun dari halaman PKU Muhammadiyah Getassrabi, kita disambut dengan paving tiga dimensi seluas hampir 200 meter persegi di halaman Grha. Halaman ini berfungsi sebagai ruang terbuka atau arena outdoor.

Kemudian pagar gedung juga dihiasi tanaman mawar beraneka warna yang ketika kami berkunjung kesana, sedang bermekaran.

Di sebelah timur gedung, di belakang pelataran, terhampar sebuah taman hijau seluas sekitar 100 m2 yang dihiasi berbagai tanaman. Area ini merupakan ruang terbuka hijau dan memiliki fungsi tambahan sebagai resapan air.

Masuk ke dalam gedung, kita akan disambut dengan sebuah pintu “kupu tarung” dengan ukiran semburat matahari yang mengingatkan pada logo Muhammadiyah “Sang Surya”. Kemudian terhampar ruangan terbuka berukuran 10×17 m2 dengan tinggi sekitar 9 m bahkan mencapai 12 meter di bagian tengah.

Dengan kombinasi warna coklat tua dan krem, kesan lapang, megah dan klasik benar-benar ditampilkan dengan baik di dalam ruangan.

Fiki menjelaskan bahwa Grha Pemuda Muhammadiyah berfungsi sebagai sarana pertemuan dan olah raga yang terbuka untuk umum. Siapa saja bisa menyewa tempat ini, misalnya untuk resepsi, seminar, rapat ataupun family gathering.

“Selain untuk meningkatkan keakraban dan kebugaran antar warga juga sebagai unit usaha Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah. Rencananya kami juga akan membuka kafe sederhana disini.” jelasnya.

Bagaimana, Anda tertarik berkunjung ke gedung ini?

Related posts
Kabar JatengKabar MuriaKares SoloNewsPopuler Kudus

Lomba Semarak Cabang Ranting, PRM Getassrabi Sabet Dua Penghargaan

Muriamu.id, Solo – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Getassrabi menjadi juara 3 dalam…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Ikut berpatisipasi di MITE, SMKMUHIKUDUS Pamerkan Produk dan Jasa Teknologi Karya Siswa.

Muriamu.id, Karanganyar – SMK Muhammadiyah Kudus ikut berpartisipasi dalam Muhammadiyah…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Boyong 2 Mendali Emas 1 Perak dan 4 Perunggu Dalam Olympiade Nasional

Muriamu.id, Kab. Kudus – Tujuh orang siswa-siswi MI Muhammadiyah Undaan berhasil meraih medali…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *