Abdul Mu’ti Bocorkan Rahasia Empat Kekuatan Muhammadiyah ‘Aisyiyah
IslamNasionalNews

Usul Muhammadiyah Cuti Idul Adha Ditambah 2 hari Dikabulkan, Abdul Mu’ti : Terimakasih Pemerintah

Muriamu.id, Jakarta — Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pemerintah indonesia yang memutuskan cuti bersama Idul Adha tanggal 28 dan 30 Juni 2023 melalui Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rerformasi Birokrasi Nomor 624 Tahun 2023, Nomor 2 Tahun 2023, dan Nomor 2 Tahun 2023. Keputusan tersebut berisi tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rerformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 3 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Baca juga :  Songsong Muktamar ke-48, Muriamu.id Ikuti Jambore Media Affiliasi Muhammadiyah

Dikutip dari muhammadiyah.id, Abdul Mu’ti berterima kasih kepada Pemerintah indonesia terkhusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah memenuhi aspirasi Muhammadiyah terkait penambahan libur.

Menurut Mu’ti, penambahan libur Idul Adha oleh pemerintah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap prinsip-prinsip yang terkandung dalam Konstitusi, terutama dalam menjamin kemerdekaan beragama dan kebebasan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan mereka.

Baca juga :  SD Muh PK Kottabarat Gelar Parents Day Cegah Bullying

“Penambahan tersebut menunjukkan komitmen pemerintah terhadap konstitusi, terutama dalam menjamin kemerdekaan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya,” ujar Mu’ti.

Perayaan Idul Adha, menurut Mu’ti, adalah momen yang sangat berarti bagi umat Islam, termasuk warga Muhammadiyah, dalam menghormati pengorbanan Nabi Ibrahim.

Dalam menjalani perayaan ini, Mu’ti mengajak seluruh warga untuk mempertahankan nilai-nilai keagamaan dan semangat persaudaraan.

Karena itu, Mu’ti kemudian mengusulkan agar warga Muhammadiyah melaksanakan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

Baca juga :  Tumbuhkan Kepedulian Sosial SD Muh PK Banyudono Membuat Parcel Duafa

“Alangkah baiknya penyembelihan hewan qurban dan pembagiannya dilaksanakan pada 29 Juni atau setelahnya sebagai wujud toleransi dan saling menghormati,” kata Mu’ti.

Sebelumnya, usulan cuti bersama pada 28 Juni diusulkan oleh Muhammadiyah. Mengingat Idul Adha Muhammadiyah jatuh pada 28 Juni 2023.

Sementara untuk usulan tanggal 30 Juni lantaran dianggap sebagai hari kejepit nasional atau sering disebut harpitnas. 

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *