EdukasiKabar JatengKampusKares KeduNews

Upayakan Ketahanan Pangan Desa Tersidi Lor melalui Pengolahan Nugget

Upayakan Ketahanan Pangan Desa Tersidi Lor melalui Pengolahan Nugget

Muriamu.id, Purworejo — Pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam, dapat berasal dari hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, atau peternakan yang nantinya dapat dikonsumsi untuk manusia. Pada UU No. 18/2012 tentang pangan, yang dimaksud dengan ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

KKN Tematik UMPurworejo merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa dari berbagai prodi kepada masyarakat yang diharapkan dapat membantu mengembangkan potensi yang ada di desa khusunya di Desa Tersidi Lor Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Meilania mahasiswa Prodi Peternakan sebagai ketua Pojka, mengatakan kegiatan KKN kelompoknya dilaksanakan selama satu bulan dimulai dari bulan Januari hingga Februari, dengan program kerjanya mengusung tema “Kegiatan Pertanian-Peternakan Terpadu Guna Mendukung Ketahanan Pangan Desa Tersidilor”.

Baca juga :  EduCareer Kelas 5 SDM BW: Dari Belanja di Pasar Hingga Memasak Layaknya Koki Profesional

Drs. H. M. Sumedi, M.Pd selaku Kepala Desa menyatakan bahwa kami menyambut antusias program yang diusulkan oleh mahasiswa karena Desa Tersidi Lor ini memiliki potensi besar dibidang pertanian, dengan lahan sawah membentang luas yang ditanami padi, kedelai, dan kacang hijau secara bergantian.

“Alhamdulilah setiap tahun dapat masyarakat dapat panen, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan desa”, ungkapnya.

Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Hj. Zulfanita, M.P menyelenggarakan kegiatan penyuluhan sekaligus praktek bersama Narasumber Dr. Hj. Jeki Wibawanti, M.Eng., M.Si terkait dengan Pengolahan Hasil Pertanian-Peternakan Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan di Desa Tersidi Lor. Penyuluhan tersebut mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi bahan pangan yang sehat dan bernutrisi.

Bahan pangan tersebut dapat berasal dari berbagai sumber protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama bagi anak-anak salah satunya: membantu pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi zat yang diperlukan tubuh, dan sebagai sumber energi. Bahan pangan sumber protein contohnya seperti: telur, daging, dan susu.
Dr. Jeki menyampaikan bahwa kita perlu memilih bahan pangan terutama produk hasil peternakan yang ASUH (Aman, sehat, Utuh, dan Halal) agar dapat mewujudkan sistem keamanan pangan guna mendukung ketahanan pangan.

Baca juga :  ALUMNI SDM KETANGGUNGAN BREBES MERAIH JUARA I PIDATO BAHASA INGGRIS PADA GEBYAR MUTUBUMI CUP 2

“Selain dari aspek bahan pangan, yang menjadi poin penting lainnya adalah bagaimana proses pemasakan atau pengolahan agar memperoleh makanan yang higienis”, ungkap Jeki.

Kegiatan penyuluhan yang diikuti oleh perwakilan masyarakat dari tiap RT dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan nugget.

Nugget merupakan produk olahan berasal dari daging giling yang biasanya disukai anak untuk dijadikan teman makan. Pembuatan nugget berbahan dasar jamur tiram, cukup mudah, pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama, dan ekonomis, sehingga praktis untuk lauk pauk atau camilan yang sehat untuk keluarga.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami


ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Editor : d

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *