Kabar JatengKampusKares SoloNews

UMUKA Berdiri, 17 Mahasiswa Pertama Gratis Kuliah Sampai Lulus

UMUKA Berdiri, 17 Mahasiswa Pertama Gratis Kuliah Sampai Lulus

Muriamu.id – Karanganyar, Resmi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) yang diinisiasi oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar ini telah berdiri. Perguruan Tinggi Muhammadiyah tersebut telah menerima surat keputusan (SK) dari Mendikbudristek RI. Selasa, (7/6/2022).

Acara peresmian kampus utama yang terletak di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Karanganyar ini, dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Menristekdikti, PP Muhammadiyah, PW Muahmmadiyah Jateng dan PD Muhammadiyah Karanganyar, serta Bupati Karanganyar Juliyatmono yang didampingi unsur Forkopimda.
Berdirinya UMUKA merupakan akuisisi dari tiga perguruan tinggi swasta yakni Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta, Akademi Sekretaris Manajemen Santa Ana (ASMI) Semarang dan Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA).

Adapun 10 program studi (prodi) yang telah dibuka UMUKA, yakni S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Ternak, D3 Perhotelan, D3 Sekretari Digital dan D3 Bina Wisata.

Baca juga :  TANAM POHON POLA ASUH WARNAI MUSYAWARAH WILAYAH AISYIYAH DI KOTA TEGAL

Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais yang hadir pada saat itu menyatakan sangat bersyukur dengan berdirinya UMUKA dan berharap Perguruan Tinggi Muhammadiyah memiliki keunggulan dan karakter yang bisa menjadi pembeda dari universitas lainnya.

“Masing-masing harus jeli melihat potensi, apa yang akan dikembangkan, program studi apa yang menjadi unggulan. Kami juga berharap, perguruan Muhammadiyah mengembangkan ilmu-ilmu murni, yang menjadi pijakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyambut baik atas kehadiran UMUKA sebab akan menjadi alternatif bagi warga Karanganyar dalam menempuh pendidikan tinggi.

“Kehadiran UMUKA akan meningkatkan indeks pembangunan manusia, yang salah satunya ditentukan dari lamanya menempuh pendidikan. Kami mendorong lulusan SMA dan SMK untuk kuliah,” ujarnya.

Bahkan tak segan-segan, Juliyatmono menuturkan Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan membiayai perkuliahan 17 pendaftar pertama bagi warga Karanganyar yang mendaftar di UMUKA.

Baca juga :  Penggabungan 3 PTS, Ketua BPH ITB Muhammadiyah Silaturahim ke PDM Karanganyar

“Support pemerintah nanti akan memberikan beasiswa 17 anak Karanganyar yang mendaftar pertama, 1-17 (orang), saya biayai sampai selesai. Khusus warga Kabupaten Karanganyar, apapun program studi yang diambil,” katanya.
Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang turut hadir melalui virtual juga menyampaikan selamat atas berdirinya UMUKA.

“Ini kemajuan untuk Karanganyar. Sebagai bagian dari upaya memajukan bangsa dan negara,” ujarnya.
Perlu diketahui, pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022.2023 akan dibuka mulai 8 Juni 2022 hingga 30 September 2022. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengakses laman www.pmb.umuka.ac.id. Sedangkan pendaftaran secara offline dapat dilakukan di Kampus Utama UMUKA.

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *