Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

UMKU Hadirkan KPPU Pusat Bahas Kebijakan Persaingan Usaha

UMKU Hadirkan KPPU Pusat Bahas Kebijakan Persaingan Usaha

Muriamu.id, Kudus — Mimbar akademik Universitas Muhammadiyah Kudus dalam kuliah umum kembali digelar pada jum’at 23 Juni 2023. Prodi S1 Hukum UMKU menghadirkan pembicara yang expert dalam bidang hukum dan kebijakan persaingan usaha. Ketua KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) Dr. M. Arif Hasbullah., S.H., M.Hum hadir sebagai Keynote Speech, Kamal Baro kS.H., M.H. (Kepala Bidang Penegak Hukum KPPU Kanwil VII Yogyakarta), dan Arina Novitasari, S.H., M.H (Dosen Hukum UMKU)

Rektor UMKU yang diwakili Wakil Rektor bidang 3 Anny Rosiana Masithoh, S.Kep., Ns., M.Kep.Sp.Kep.J  membuka langsung acara tersebut. Dalam sambutannya beliau memberikan apreasi kepada komisioner KPPU Pusat dan KPPU Wilayah VII Yogyakarta. “Terimakasih atas silaturahimnya ketua KPPU Pusat dan KPPU wilayah VII Yogyakarta, tema ini berkolarasi dengan dunia akademik, saat ini perubahan di dunia kerja berjalan sangat cepat, berbeda dengan kampus yang memiliki kecepatannya sendiri, atas hal tersebut diperlukan Perguruan Tinggi yang lebih adaptif dan fleksibel terhadap isu-isu kebijakan hukum dunia usaha, prodi hukum harus terus menggali diskusi-diskusi seperti ini”  ungkapnya

Baca juga :  Wisuda ke 26, Rektor UMKU Pesankan Berfikir Growth Mindset

Ketua KPPU Dr. M. Arif Hasbullah., S.H., M.Hum  sebagai keynote speech menyebutkan pentingnya posisi komisiner dalam persaingan bisnis. “Universitas Muhammadiyah Kudus saya lihat banyak prodi yang berakaitan dengan KPPU, Karena itu korelasi diskusi kita relevan dengan disiplin ilmu yag ada di sini, terkait dengan tema yang diangkat posisi KPPU mengawasi pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya agar tidak melakukan praktek monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat, kendali dan control dalam dunia usaha semata-mata untuk mewujudkan tujuan bernegara agar mudah terealisasi” ungkapnya.

Baca juga :  Lawatan Ilmiah UMKU dan Universitas Mahendradatta Bali Hasilkan Poin Penting

Pembicara pertama Kamal Baro kS.H., M.H. (Kepala Bidang Penegak Hukum KPPU Kanwil VII Yogyakarta) menegaskan posisi satgas KPPU “Satgas KPPU konsen dalam upaya menjaga persaingan bisnis agar berjalan secara sehat. Persaingan yang sehat inovasi, harga yang identik dengan kualitas, keragaman produk, kebutuhan konsumen terpenuhi”

Sementara itu pembicara ketiga lebih banyak menyoroti produk undang-uang berkaitan dengan monopoli bisnis. “Monopoli bisnis dapat dicegah dengan pengawasan yang akuntabel, penegakan hukum yang adil dan tepat, selain itu pelaku usaha juga harus komitmen dalam menjalankan roda bisnis sesuai kesepakatan kerja yang berlaku” kata Arina Novitasari, S.H., M.H. (AR Humas)

Related posts
IslamKesehatanNewsPopuler Jepara

Aisyiyah Cabang Tahunan Antusias Berlatih Aneka Olahan Ikan

Muriamu.id, Jepara – Memenuhi undangan dari Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, kelompok…
Read more
Kares KeduNewsSekolah

PHBS dan zero sampah jadi gerakan serentak peringatan Milad 'Aisyiyah ke 107 di Kab Magelang

Muriamu.id, Magelang – Pada Rabu (15/5) Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana…
Read more
IslamKesehatanPopuler Kudus

Tingkatkan Ketangguhan Hadapi Bencana, LLHPB 'Aisyiyah Giatkan Penanaman Mangrove di Kawasan Pesisir

Muriamu.id, Demak – Lembaga Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *