Tuntaskan PLP 2, Mahasiswa Uhamka Kian Pahami Dunia Pendidikan
KampusNasionalNews

Tuntaskan PLP 2, Mahasiswa Uhamka Kian Pahami Dunia Pendidikan

Muriamu.id, Jakarta – Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yakni Esa Triani, Nuke Ismaul Fitriyah, Della Aulia Rahmadani, Anisa Putri Hidayah, Zahra Tunnisa, Dan Sri Rahmadani melaksanakan kegiatan PLP 2 di SMP Negeri 257 Jakarta. yang berlokasi di Jalan Kel. Rambutan No.50, RT.4/RW.3, Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan, dari 10 Oktober 2022 – 12 Desember 2022.

Kegiatan PLP 2 itu sendiri merupakan bentuk pengaplikasian dari apa yang telah diberikan dari para dosen kepada para mahasiswa/i pendidikan yang nantinya akan terjun langsung untuk mengajar di sekolah.

Dalam kegiatan PLP ini, mereka mendapat dukungan serta bimbingan penuh dari Dosen Pembimbing Dr. Roslaini, M.Hum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Suko Rahardjo, S. Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana, Drs. Zaenal Hayat, serta Guru Pamong Dra. Rizmi Sudiati.

Baca juga :  Spirit Sinergitas Pada Diri Pemuda Muhammadiyah

Pada pelaksanaan PLP 2, mereka melakukan segala aktivitas seperti menyiapkan perancangan RPP, pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar dan perangkat evaluasi. Kemudian mengimplementasikan pembelajaran di kelas dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) serta guru pamong.

Mahasiswi dalam kegiatan PLP 2 ini, dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah seperti menggantikan guru kelas yang berhalangan, pendataan administrasi siswa, mengawasi dan menjadi guru piket, serta berkomtribusi dalam peringatan maulid dsb.

Bapak Suko Rahardjo S, Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum berpesan,

“Selamat datang di dunia nyata pendidikan karena kalian akan menghadapi berbagai macam karakter peserta didik yang belum kalian temukan sebelumnya.” ujarnya.

Guru pamong utama, Ibu Dra. Rizmi Sudiati menambahkan “Kita harus selalu menerapkan prinsip Ki Hajar Dewantara yaitu ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani. yang mana kita harus menerapkan prinsip tersebut ketika kita menjadi seorang guru.”

Baca juga :  Bila di Jogja ada K.H, AR FAKHRUDIN, Di Bandung Ada K.H. AYAT DIMYATI

“Pada kegiatan PLP 2 ini, kami dari kelompok 2 mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Uhamka memiliki kesan yang mendalam selama perjalanan menyelesaikan kegiatan ini, Kami mendapat banyak pelajaran dari setiap kegiatan yang kami lewati, menghadapi murid yang sangat aktif dengan sabar, mengajarkan dengan berbagai metode agar mempermudah siswa memahami pelajaran.” Ujar Esa Triani terkait kesan selama kegiatan PLP 2 yang telah dilaksanakan di SMPN 257 Jakarta.

Mahasiswi dalam kegiatan PLP 2 ini, dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah seperti menggantikan guru kelas yang berhalangan, pendataan administrasi siswa, mengawasi dan menjadi guru piket, serta berkomtribusi dalam peringatan maulid dsb.

Bapak Suko Rahardjo S, Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum berpesan” Selamat datang di dunia nyata Pendidikan karena kalian akan menghadapi berbagai macam karakter peserta didik yang belum kalian temukan seblumnya ” ujarnya. serta guru pamong utama kami yaitu Ibu Dra. rizmi sudiati menambahkan “kita harus selalu menerapkan prinsip Ki Hajar Dewantara yaitu , : ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani. yang mana kita harus menerapkan prinsip tersebut ketika kita menjadi seorang guru.”

Baca juga :  Ranting Baru, PR IPM Krandon Resmi Dikukuhkan

pada kegiatan PLP 2 ini, kami dari kelompok 2 mahasiswi pendidikan bahasa inggris Fkip uhamka memiliki kesan yang mendalam selama perjalanan menyelesaikan kegiatan ini, Kami mendapat banyak pelajaran dari setiap kegiatan yang kami lewati, menghadapi murid yang sangat aktif dengan sabar, mengajarkan dengan berbagai metode agar mempermudah mereka memahami pelajaran.

Redaktur: Sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *