Muriamu.id, Kudus — Senin, 26 Desember 2022 di saat seluruh murid libur di rumah, SD Muhammadiyah Birrul Walidain mengadakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dan karyawannya.(27/12/22).
Kegiatan tahunan yang sering di sebut In House Training ini, mengangkat tema Melayani Sepenuh Hati untuk Meraih Prestasi.
Berkaca dari tema tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam melayani customer yang dalam hal ini adalah murid, wali murd, serta tamu yang datang ke SD Muhammadiyah Birrul Walidain.
Menghadirkan Dyah Harianingrum dan Ari Fitria dari Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai pemateri, fokuskan pelatihan diarahkan pada bagaimana, seperti apa, dan apa saja yang harus di perhatikan dalam melakukan pelayanan yang baik sehingga mampu membuat customer senang dan nyaman.
Ibu Dyah Harianingrum menyampaikan materi seputar Service Excellent. Beliau menuturkan ada 3 tahapan pelayanan mulai dari Mengawali pelayanan, Melayani, dan Megakhiri pelayanan. Tiap tahapan banyak yang harus diperhatikan mulai cara mengucap salam, gesture tubuh, dan lainnya.
Selain itu beliau juga mengajarkan tentang Handling Complain atau bagaimana cara dalam menanggani klompain customer.
Kemudian materi di lanjutkan oleh ibu Ari Fitria yang berfokus pada pembahasan Professional Image.
Materi Professional Image sendiri difokuskan pada bagaimana cara kita dalam membangun image atau membranding diri dengan memperhatikan beberapa hal seperti penampilan, cara berkomunikasi, dan juga etos kerja.
Para guru dan karyawan pun sangat antusias dengan kegiatan ini. Ditunjukan dengan senyum dan kemeriahan selama kegiatan berlangsung.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di SD Muhammadiyah Birrul Walidain. Selain itu juga menjadi tambahan pengetahuan bagi para guru dan karyawan.
“mutu alat dan tekhnologi dalam melayani bisa ditiru dan di beli, tetapi pelayanan yang baik atau service excellent tidak akan bias di tiru dan di beli” , Ucap Dyah Harianingrum.
Kontributor : Faiq
Editor : Z