Tegakkan Pilar Ekonomi, Muhammadiyah Kudus Launching PT SAMSA
IslamPopuler Kudus

Tegakkan Pilar Ekonomi, Muhammadiyah Kudus Launching PT SAMSA

Muriamu.id, Kudus – Muhammadiyah selama ini dikenal sebagai ormas Islam yang focus pada pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Termasuk Muhammadiyah Kudus yang mengelola amal usaha di bidang Pendidikan sejak TK hingga Perguruan Tinggi, AUM Kesehatan berupa klinik dan rumah sakit hingga amal usaha di bidang kesejahteraan sosial berupa LKSA.

Sejak Muktamar ke-47 di Makassar tahun 2015, Muhammadiyah menekankan pentingnya pengembangan di bidang ekonomi. Dimana dengan berkembangnya aspek ekonomi, Muhammadiyah dapat meningkatkan kemandirian, baik secara organisasi maupun orang per orang anggota persyarikatan.

Merespon amanah tersebut, Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus kemudian merumuskan Langkah kerja untuk mengembangkan ekonomi di Muhammadiyah, salah satunya adalah mendirikan PT SAMSA yang merupakan singkatan dari Sembilan Majoe Bersama.

Baca juga :  Dikukuhkan Malam Ini, Berikut Susunan Lengkap Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kudus Periode Muktamar Ke - 48

Berdiri pada tanggal 17 Oktober 2023, PT SAMSA dimaksudkan sebagai wadah untuk unit usaha yang akan dikelola dan dikembangkan MEBP ke depannya.

“Visi PT SAMSA adalah menjadi Perusahaan induk atau holding company yang bernilai tinggi serta professional untuk mendukung Gerakan Muhammadiyah dan stakeholder terkait. Sebanyak 55% kepemilikan saham ada di tangan PDM Kudus, sedangkan 45% lainnya dimiliki oleh MEBP. Sehingga Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki oleh Muhammadiyah.” Jelas Direktur Utama PT SAMSA, M. Zainul Wafa, S.Pd dalam acara Gathering dan Launching PT SAMSA di Hotel @Hom, Sabtu, 17 Februari 2024.

Baca juga :  Ikuti Simulasi Kedua Sistem E-voting, Berikut Kesan Peserta dari Kudus

Di hadapan puluhan audiens yang terdiri dari Direktur Amal Usaha, Kepala Sekolah dan Ketua Majelis tingkat daerah, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus, Kyai Noor Muslikhan menyambut baik berdirinya PT SAMSA, dan mendukung penuh aktivitas yang dijalankan.

“Kami telah mendengarkan dengan seksama rencana bisnis yang dijalankan dan akan dikembangkan ke depannya, baik dalam jangka pendek, menengah maupun panjang. Kami juga telah melihat laporan keuangan yang disajikan dari aktivitas selama tiga bulan terakhir, semuanya rapi dan terinci dengan baik. Sehingga kami mendukung penuh dan menginstruksikan amal usaha untuk bekerjasama dengan PT SAMSA, khususnya dalam pengadaan barang dan jasa.” Jelasnya diikuti tepuk tangan hadirin.

Baca juga :  Siswa Muhammadiyah di Kudus Ini Jadi Pahlawan Bola Kejuaraan Bupati Cup Tegal, Berikut Detik Detik Aksinya

Ahmad Azhar Basyir selaku Direktur Marketing menjelaskan bahwa unit bisnis PT SAMSA meliputi alat tulis, produk IT, interior dan konstruksi, fashion, percetakan, souvenir wisuda, karton dan kemasan, property, food and beverage serta cargo.

“Sampai saat ini omzet telah menembus angka 400 juta. Dengan mayoritas rekanan dari Amal Usaha Muhammadiyah sebanyak 82%, sedangkan 18% lainnya dari luar AUM. Hal ini menunjukkan bahwa PT SAMSA telah diterima secara luas oleh Masyarakat Kudus.” Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, PT SAMSA juga menyerahkan deviden tahun 2023 sebesar Rp. 11.310.016 kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus. -sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *