IslamKares Semarang

Syawalan Kebangsaan PWM Jawa Tengah: Sinergi Membangun Negeri

Syawalan Kebangsaan PWM Jawa Tengah: Sinergi Membangun Negeri

Muriamu.id, Semarang – Mengawali Bulan Juni, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menyelenggarakan Syawalan Kebangsaan yang bertajuk “Kader Umat, Bangsa, dan Persyarikatan : Sinergi Membangun Negeri” (3/5). Bertempat di Aula Masjid At-Taqwa PWM Jawa Tengah, kegiatan Syawalan Kebangsaan ini dihadiri oleh para tokoh Muhammadiyah dan tokoh publik.

Kegiatan yang sudah direncanakan sejak 2020 ini baru bisa diselenggarakan tahun ini oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PWM Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua PWM Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, M.Ag., Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Prof. Dr. KH. Suparman Syukur, M.Ag. dan Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’I, M.Ag., Ketua LHKP PWM Jateng, Khafid Sirotuddin, SE., M.Si., Wakil Rektor II Unimus Dr. Hardi Winoto, M.Si. serta Ketua MPI PWM Jateng, Dr. Teguh Hadi Prayitno, M.Hum., M.H., M.M, serta tokoh Muhammadiyah, pimpinan Ortom Daerah dan Pimpinan MLO lainnya.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mengundang para kader dan simpastisan Muhammadiyah yang saat ini sedang berkiprah di dunia politik dan pemerintahan, seperti DPR RI, DPRD Jateng, DPRD Kabupaten/Kota, serta pejabat pada rumpun eksekutif maupun yudikatif.

Adapun para politisi yang hadir di antaranya, anggota Komisi IX DPR Dr. H. Edy Wuryanto, S.Kep., M.Kep. anggota Komisi II DPR Riyanta, yang keduanya berasal dari Fraksi PDI Perjuangan, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso, ST., M.Si. dari Fraksi PKS, anggota Komisi D DPRD Jateng Hj. Sri Hartini, ST dari Farksi Gerindra, anggota DPRD Jateng dari Fraksi Golkar Yusuf Hidayat, anggota DPRD Kabupaten Kudus dari PAN Budiono dan lainnya.

Selain para politisi, hadir pula kader dan simpatisan Muhammadiyah yang menjabat pada stuktural KIP Jateng, ORI Perwakilan Jateng, KPU Jateng, anggota KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota, serta aktifis Forum Demokrasi Berkemajuan.

Ketua LHKP PWM Jateng, Khafid Sirotuddin selaku panitia penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan awal, yang nantinya akan terus dilanjutkan dengan berbagai bentuk acara, sehingga kader Muhammadiyah yang tersebar di berbagai bidang dapat menjalin sinergi positif.

“Kemudian dalam rangka menyongsong Muktamar, LHKP jateng ingin melaunching beberapa hal, di antaranya : Batik Jamaah Berkemajuan, Buku Demokrasi dan Kehidupan Kebangsaan (yang ditulis oleh 45 kader Fordem se Jawa Tengah), dan Mie yang berbahan dasar tepung singkong yakni MieMu dan Mie Sehat,” ucap Khafid pasca memperkenalkan anggotanya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Tausiyah Kebangsaan oleh Ketua PWM Jateng. Dr. KH. Tafsir, M.Ag. yang menyampaikan apresiasinya kepada kader yang berhidmat di jalur politik. Menurutnya, berdakwah di masjid dan forum-forum pengajian itu sesuatu yang biasa, tetapi berdakwah di jalur politik itu sesuatu yang luar biasa, terutama tantangan yang akan dihadapi.

“Kita sadar bahwa dakwah itu butuh dukungan sumber daya manusia yang merupakan bahan baku penting di dalam dakwah. Yang tak kalah pentingnya lagi adalah kekuasaan, tanpa kekuasaan dakwah tidak lancar. Maka jangan meremehkan kekuasaan,” ucap Tafsir.

Sumber : pwmjateng

Related posts
IslamKares Solo

Biodata Ketua Umum PP Aisyiyah periode 2022-2027

Muriamu.id, Kudus – Nama Salmah Orbayyinah barangkali cukup jarang terdengar di telinga warga…
Read more
IslamNasionalNewsSekolah

Jelang Muktamar Muhammadiyah, Haedar Nashir Letakkan Batu Pertama Pembangunan 2 Unit Asrama Mu'allimin

Muriamu.id, Yogyakarta – Di tengah padatnya aktivitas menjelang Muktamar Muhammadiyah dan…
Read more
IslamNasionalNews

Tak Hanya Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, Nasyiah Juga Gelar Muktamar Blended

Muriamu.id, Bandung – Bulan November 2022 menjadi bulannya Muktamar bagi Muhammadiyah dan…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *