IslamKares KeduNews

Studi Banding ke Magelang, LLHPB Kabupaten Batang Belajar Membuat Kain Ecoprint

Studi Banding ke Magelang, LLHPB Kabupaten Batang Belajar Membuat Kain Ecoprint

Muriamu.id, Magelang – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Batang pada Minggu (26/11) berkunjung ke Panti Asuhan Yatim Putri (PAYP) ‘Aisyiyah Daerah Kabupaten Magelang. Tujuan dari kunjungan tersebut selain bersilaturahmi juga ingin belajar membuat kain ecoprint, karena ecoprint menjadi salah satu program Divisi Lingkungan Hidup LLHPB juga ecoprint dibuat dari bahan bahan alami yang ramah lingkungan.

Rombongan LLHPB Kab Batang yang dipimpin oleh Ketuanya Amanah bersama lima orang anggota belajar membuat kain ecoprint bersama Tim ‘Alang Ecoprint PDA Kab. Magelang yang diwakili oleh Taryati owner dari brand Taru Ecoprint yang juga anggota Divisi Lingkungan Hidup LLHPB Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah dan juga merupakan Ketua LLHPB Kab. Magelang didampingi oleh Eko Widyastuti (Pengasuh PAY Putri ‘Aisyiyah) dan dua anak asuh yaitu Risa Istiqomah dan Annisa Ismi.

“Tujan kami belajar di sini adalah karena LLHPB Kab. Magelang adalah salah satu LLHPB yang cukup aktif dan maju, sehingga kami ingin belajar tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan di sini diantaranya dengan belajar ecoprint.” Kata Ketua LLHPB Kab. Batang Amanah.

Baca juga :  Lazismu Kota Magelang Kembalikan Senyum Pak Panca Yang Sempat Sirna

“Harapan kami semoga setelah belajar dari sini, kami bisa mengembangkan di daerah kami sehingga bisa meningkatkan ketrampilan dan ekonomi ibu ibu ‘Aisyiyah khususnya LLHPB.

Dalam kegiatan tersebut mereka belajar proses membuat kain ecoprint, mulai dari cara scouring kain,, mordan serta fiksasi kain, mengenal jenis jenis dedaunan yang ecoprintable serta belajar beberapa trik dan tips tentang ecoprint.

Sambil menunggu bundel ecoprint selesai dikukus, diadakan diskusi yang ringan dan santai tentang ecoprint sambil diselingi dengan tanya jawab serta sharing kegiatan LLHPB di daerah masing masing.
“Ibu Taryati selaku nara sumber sangat membantu kami dalam mempelajari ecoprint karena yang disampaikan mudah dipahami dan langsung di praktekkan sampai selesai”. Kata Lusi Noviana salah satu anggota LLHPB Batang yang ikut belajar ecoprint.

Baca juga :  Semarak Milad Aisyiyah, Ibunda Aisyiyah kota Kudus Bawa 150 Rombongan Ke Pusat Acara Milad

“Walau kami pulang dengan tangan yang agak menghitam karena pewarna tapi kami merasa puas selain karena nara sumber tidak pelit ilmu juga hasil ecoprint yang kami buat memiliki motif dan warna yang tidak terduga”. Lanjut Lusi.

“Semoga ilmu yang kami terima dapat bermanfaat selain untuk kami pribadi juga untuk Aisyiyah pada umumnya. Tapi seperti ungkapan “Jika belajar teori tanpa sering dilatih/diulang maka ilmunya akan menguap sedikit demi sedikit” maka kami berkomitmen akan berlatih kembali dan semoga ada kesempatan untuk mengajak yang lainnya juga” ungkap Lusi dengan antusias.

Peserta berharap tidak hanya hari ini mereka bisa belajar ecoprint, tapi mereka ingin bisa lebih mendalami tentang ecoprint ini sehingga bisa ditularkan Kembali kepada anggota LLHPB yang lain.

(/Tar)

Related posts
IslamOpini

9 Persiapan Warga Muhammadiyah dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Oleh: Dr. M. Muttaqin, M.H(Ketua Majelis Tarjih & Tajdid PDM Jepara) Bulan Ramadhan tinggal…
Read more
IslamKares KeduKesehatanNews

Majelis Kesehatan dan LLHPB Kab Magelang Gelar Tri Wulan Bersama

Muriamu.id, Magelang – Bertempat di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Bandongan…
Read more
Kabar JatengKabar MuriaNewsPopuler Kudus

Resmi dikukuhkan, Berikut jajaran struktur PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kudus Periode Muktamar XVIII

Muriamu.id, Kudus — Jajaran Pengurus dan Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kudus resmi…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *