EdukasiKabar JatengKampusKares KeduNasionalNews

Sosialisasi Pembuatan Hidroponik Sederhana di Kelurahan Sucenjurutengah

Sosialisasi Pembuatan Hidroponik Sederhana di Kelurahan Sucenjurutengah

Muriamu.id, Purworejo — Sosialisasi pembuatan hidroponik sederhana penting digiatkan mengingat masih kurangnya pemahaman dalam penanaman dan perawatan tanaman hidroponik. Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo kelompok 51 menyelenggarakan sosialisasi tentang pembuatan hidroponik sederhana yang di laksanakan di aula Kelurahan Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

“Sosialisasi tentang hidroponik sederhana ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Sucenjurutengah terkhusus warga RT 5 dan warga RT 6 guna memberikan pemahaman secara lebih lanjut tentang cara dan penggunaan hidroponik yang baik dan benar sekaligus sosialisasi ini diharapkan dapat diterapkan” ucap Hasbi Fikrul Haq ketua KKN kelompok 51.

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri warga RT 5/RW 2, RT 6/RW 2, RT 8/RW 1, Ketua PKK Kelurahan Sucenjurutengah, dan Mahasiswa KKN Tematik UM Purworejo.Total peserta yang hadir dalam acara tersebut sekitar 50 orang. Dalam acara tersebut, Yuni Astuti S.P selaku narasumber menyampaikan, bahwasanya memahami cara penggunaan hidroponik sederhana yang baik dan benar sangat penting.

Baca juga :  Latihan Dasar Kepemimpinan Hizbul Wathan SMA Muhammadiyah Kudus

“Penting sekali memahami cara penggunaan hidroponik sederhana yang baik dan benar dari dasarnya karena tanpa hal tersebut penerapan hidroponik tidak dapat berjalan secara baik”, ungkap Yuni.

Lebih lanjut Yuni menerangkan dalam sosialisasi bahwa peran warga juga sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembuatan media tanam hidroponik sebagai penunjang kelancaran kegiatan. Yuni juga memberikan arahan kepada para warga agar tekun dan ulet dalam menekuni hidroponik sederhana sehingga dapat menumbuhkan ekonomi yang baik. Yuni menjelaskan hidroponik sederhana memiliki metode yang berbeda dengan metode tanam lainya. Hidroponik sederhana ini sebenarnya menggunakan media air tetapi bisa juga menggunakan media tanam seperti: sabut kelapa, pasir, sekam, dan lain-lain.

Yuni juga menambahkan, penggunaan media tanam hidroponik bisa dilakukan pada jenis sayuran dan buah antara lain: bayam, kangkung, sawi sendok, dan sejeninya. Di akhir acara sosialiasi, narasumber memberikan masukan jika lahan produktif pertanian sudah tidak mewadahi lagi maka, cara alternatif yang dapat digunakan ialah memanfaatkan media tanam hidroponik pungkasnya.

Baca juga :  Grand Final OSMJT 2022, Kontingen Kudus Borong Dua Medali Emas

Sementara itu, Ketua PKK Kelurahan Sucenjurutengah yang diwakilkan oleh Sari Budiasih A.Md dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya kegiatan sosialisasi hidroponik sederhana yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM Purworejo kelompok 51 tahun 2023, karena dengan kegiatan ini bisa membantu mengembangkan potensi yang ada di Kelurahan Sucenjurutengah.

“Adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di Kelurahan Sucenjurutengah ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Kelurahan Sucenjurutengah terkhusus warga RT 5 dan RT 6 sehingga warga dapat mempraktikannya secara langsung di rumahnya masing-masing” ungkap Sari.

Sari menambahkan jika kegiatan ini harus dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat Sucenjurutengah karena bisa memunculkan ide bisnis dalam masyarakat dan menambah pendapatan baru himbaunya.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

Instagram : instagram.com/muriamuid

Facebook : facebook.com/muriamuid

Twitter: Twitter.com/muriamuid

Tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Editor : V

Related posts
IslamKares KeduKesehatanNews

Majelis Kesehatan dan LLHPB Kab Magelang Gelar Tri Wulan Bersama

Muriamu.id, Magelang – Bertempat di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Bandongan…
Read more
Kabar JatengKabar MuriaNewsPopuler Kudus

Resmi dikukuhkan, Berikut jajaran struktur PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kudus Periode Muktamar XVIII

Muriamu.id, Kudus — Jajaran Pengurus dan Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kudus resmi…
Read more
IslamKares SemarangKesehatanNews

Peran LLHPB Aisyiyah Dalam Mendukung Respon Bencana Banjiir Demak

Muriamu.id, Demak – Duka mendalam menyelimuti kita. Semua relawan larut dalam kesedihan.
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *