EdukasiKabar JatengKares SoloNewsSekolah

SMP Muhammadiyah 1 SKA Kerjasama dengan Puskesmas Gajahan Pantau Kesehatan Guru, Karyawan, dan Siswa

SMP Muhammadiyah 1 SKA Kerjasama dengan Puskesmas Gajahan Pantau Kesehatan Guru, Karyawan, dan Siswa

Muriamu.id, Surakarta – Senin (30/ 1/2023) Sebanyak 111 siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta melakukan pengecekan/screening kesehatan dengan fasilitas cek dari Puskesmas Gajahan. Sebelum Melakukan Screening Kesehatan Siswa mengisi data lengkap identitas, dan pertanyaan seputar kebiasaan merokok anggota keluarga disekitarnya. Siswa akan di panggil berurutan sesuai dengan kelasnya.


Siswa mendapatkan buku rapor kesehatan, yang berisi data pengecekan tensi, tinggi badan, berat badan, gula sewaktu, dan kesehatan mata serta telinga. Selain itu Puskesmas Gajahan melakukan Screening Anemia pada siswa putri dengan cek HB dan pemberian tablet tambah darah. Pada siswa laki-laki dan perempuan mendapatkan screening perilaku merokok.

Dari hasil rapor Kesehatan siswa yang merokok akan mendapatkan penyuluhan. Pada siswa yang sakit akan ada pengarahan untuk periksa di Puskesmas, dan apabila berat maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit.

Baca juga :  Bangun Dakwah Kultural, RS PKU Demak Hadirkan Rebana Dalam Acara Milad ke 1


Pada guru dan karyawan dilakukan pengecekan tensi, gula darah sewaktu, serta Index masa tubuh. Keluhan kesehatan juga dapat ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dan pemberian rujukan bila diperlukan penanganan ke Rumah Sakit. Hal ini dilakukan karena usia 15 – 50 tahun masuk pada usia produktif yang juga mendapatkan screening Kesehatan.


Puskesmas melakukan screening 1 tahun sekali untuk setiap sekolah. Untuk siswa di anak usia Pendidikan dasar yakni dimulai dari kelas 7, 8, 9 dan 10. Hal ini berdasarkan salah satu instruksi Satuan Pelayanan Minimal(SPM) Walikota pada bidang Kesehatan, ungkap Astanti Hidayah (Penyuluh Kesehatan Masyarakat dari Puskesmas Gajahan). Screening kesehatan ini sebagai tindakan awal pengambilan data. Tindak lanjutnya KKR (Kader Kesehatan Remaja) dapat melanjutkan screening kesehatan pada 6 bulan kedua. KKR berasal dari siswa sekolah yang mendapat pelatihan dari Puskesmas Gajahan.

Baca juga :  Wali Kota Solo Puji Tempat Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke 48


Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta , H. Sukidi, S. Ag, M.Pd. menyambut baik program ini, “ Semoga pelaksanaan screening hari ini dapat menjadi langkah warga SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dalam menjaga kesehatan bersama.”ungkapnya.

Kontributor : Frida

Editor : d

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *