Kares SoloNewsSekolah

SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Gelar Workshop Penguatan Karakter

SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Gelar Workshop Penguatan Karakter

Muriamu id, Sukoharjo – SMK Muhammadiyah 01 Sukoharjo mengadakan workshop dengan tema penguatan karakter berbasis mindset bertindak selaku narasumber ustad Pujiono SSI, MM Ketua Majelis Pendidikan Kader PDM Kabupaten Boyolali.

Acara yang diselenggarakan di aula sekolah pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 ini diikuti sekitar 50-an guru dan karyawan. Acara dibuka oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana Drs Sumarno MSI. Dalam sambutannya Sumarno menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan usaha peningkatan mutu SDM dalam rangka menyiapkan sekolah PK. Sumarno berharap semoga dengan kegiatan ini bisa menambah semangat para guru dalam menjalankan tugas.

“Alhamdulillah SMK Muhammadiyah 01 Saat ini memiliki 39 rombel, tentu ini berkat kerja keras bapak ibu semuanya.” apresisasi Sumarno kepada para peserta.

Sementara ustad Pujiono dalam materinya menyampaikan tentang mulianya profesi guru dan begini seharusnya karakter guru. Guru adalah profesi yang menunjukkan kepada kebaikan dan pahala yang besar bagi setiap orang yang menunjukkan jalan kebaikan bagi sesama, namun hal ini masih banyak belum dipahami oleh sebagian guru sehingga tidak aneh apabila masih banyak guru yang hanya sekedar mengejar material.

“Kita harus bersyukur oleh Allah subhanahu wa ta’ala ditakdirkan menjadi guru. Sebuah ketentuan Allah untuk kita yang harus kita sikapi dengan dengan penuh syukur dan ridho. karena Skenario Allah pastinya pas dan terbaik bagi hamba-Nnya.” jelasnya.

Masih menurut Ust. Pujiono sebagai tanda syukur dan ridho dengan ketentuan Allah maka seorang guru harus mau mengembangkan profesinya dan tidak dholim dengan profesinya.

“Mengembangkan profesi dengan terus belajar dan mengikuti workshop workshop seperti ini. Tidak dholim dengan profesi ya kita harus mampu menjaga dedikasi dan tupoksi dengan baik. Dan Alhamdulillah saya lihat dari rona wajah guru SMK Muhammadiyah 01 Sukoharjo adalah wajah wajah orang amanah jujur dan dapat dipercaya.” tambahnya.

Selanjutnya ustad Pujiono yang juga Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Boyolali ini menjelaskan karakter guru diantaranya laku dan kata seirama, jujur, sabar, ikhlas, tidak ngegosip, mampu bekerja sama dengan korps serta mencintai profesinya.

Dalam sesi tanya jawab Ustd. Rosyid menanyakan bagaimana menyatukan visi dari banyak guru yang banyak dan beragam. yang kemudian di jawab ustad Pujiono bahwanya sebuah lembaga jika ingin terus maju dan berkembang memang harus bisa menyatukan visi semua elemen, dan One hundred persen partisipation (seratus persen semua warga sekolah harus terlibat). Maka untuk menumbuhkan semua itu perlu di bangun jiwa kebersamaan, ukhuwah dan solidaritas. Hal itu bisa dilakukan dengan outbound, pengajian. Yang mampu menyadarkan bahwa ini adalah demi kejayaan bersama. Kejayaan Sekolah Islam, kejayaan Dakwah Islamiyyah.

Sementara Ust. Zainal Arifin Selaku kesiswaan menuturkan selain untuk Guru pada Kesempatan ini juga di gelar hal yang sama untuk para Siswa dengan menghadirkan Ust Nurudin Sebagai motivator bertempat di Gedung sayap Selatan. Semoga harapanya penguatan karakter yang baik juga meningkat di jiwa jiwa para siswa.

Kontributor: Puji

Redaktur: Sam

Related posts
IslamKares Solo

Biodata Ketua Umum PP Aisyiyah periode 2022-2027

Muriamu.id, Kudus – Nama Salmah Orbayyinah barangkali cukup jarang terdengar di telinga warga…
Read more
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *