Serunya Peringatan Maulid Nabi di MI MUSAKU: Dari Baca Puisi, Ngaji Hingga Bagi Doorprize dan Tukar Jajan
NewsPopuler KudusSekolah

Serunya Peringatan Maulid Nabi di MI MUSAKU: Dari Baca Puisi, Ngaji Hingga Bagi Doorprize dan Tukar Jajan

Muriamu id, Kudus – Jumat pagi, 7 Oktober 2022, ada yang berbeda dari penampilan siswa-siswi Mi Muhammadiyah 1 Kudus. Jika biasanya mengenakan seragam sekolah, hari ini mereka memakai baju muslim untuk mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad di halaman sekolah yang dikuti seluruh siswa dari kelas 1-6.

Kegiatan ini melibatkan para siswa sebagai pengisi acara. Sebagai MC adalah anak-anak kelas 5, Salma dan Inan. Sedangkan pembacaan alquran oleh Ahmad Albab dari kelas 6b. Ada juga pembacaan puisi dengan judul “Ya Nabi Ya Rasullah” dibacakan Inas Safiya Hanifa siswi kls 6a.

Baca juga :  Disebut titipkan aspirasi Muhammadiyah kepada pasangan Ganjar – Mahfud, Ini Jawaban Abdul Mu’ti

Membuka kegiatan pagi itu, Saiful Umam selaku Kepala MI Muhammadiyah 1 Kudus menyampaikan bahwa tujuan peringatan maulid nabi adalah agar anak-anak bisa meneladani sifat Nabi Muhammad sebagaimana hadis yang artinya “sesungguhnya aku (Rasulullah) diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.”

Sebelum acara inti dimulai, ada pengundian door prize yang membuat anak-anak lebih semangat mengikuti perayaan tersebut. Puluhan Doorprize disediakan oleh Bapak Ibu Guru untuk menambah antusias sahabat Mimusaku.

Baca juga :  Pentas Dongeng Meriahkan Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri di MI Muhammadiyah Jatikulon

Acara inti disampaikan oleh Ustaz Ali Zamroni, M.Pd, Anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus yang juga diamanahi sebagai Kepala SMP Muhammadiyah Kudus.

Di hadapan sekitar 300 siswa, Ustaz Ali bercerita tentang peristiwa lahirnya rasulullah hingga sifat-sifat utama yang dimiliki Nabi Muhammad. “Kita harus mencontoh 4 sifat nabi yaitu tabligh, amanah, sidiq dan fatonah.” kisahnya. Dengan pembawaan yang jenaka, anak-anak semakin antusias mendengarkan cerita dari Ustaz Ali.

Acara Peringatan Maulid diakhiri dengan pembacaan doa oleh Bapak Ansori, S.Ag selaku koordinator agama.

Baca juga :  Pasar Kaget SD Muhammadiyah PK Banyudono

Setelah acara doa, anak- anak bertukar jajan yang sdh dibawa dari rumah. Dalam hal ini, akan-anak belajar arti ikhlas memberi jajan dan arti rela menerima jajan apapun dari temannya. Bukan hanya siswa, Bapak Ibu Guru dan Karyawan Mimusaku juga bertukar jajan.

Akhirnya, acara ditutup pada jam 10.00 WIB dan anak-anak pulang dengan membawa oleh-oleh ilmu, Doorprize dan cerita indah lainnya.

Kontributor : Yayah (Mi MuSaKu)
Redaktur: Sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *