Serunya Liburan Nyantri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus
Kabar MuriaPopuler Kudus

Serunya Liburan Nyantri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus

Muriamu.id, Kudus — Senin, 25 Desember 2023 pukul 09.00 para orangtua mengantarkan putra putri mereka ke pondok pesantren muhammadiyah kudus untuk mengikuti kegiatan Liburan nyantri, para peserta dan orangtua sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Orang tua hanya diizinkan mengantarkan sampai tempat regristrasi, kemudian selanjutnya peserta dibantu kakak-kakak IPM Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus untuk menuju kamar masing-masing dan menata barang mereka sendiri secara mandiri.

Pada kegiatan ini anak-anak tingkat SD/MI merasakan suasana pesantren selama 3 hari. Kegiatan ini diikuti 303 peserta dari Kudus, Jepara, Pati, Demak, Grobogan dan Blora. Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 25-27 Desember 2023

Baca juga :  Rektor UMKU Apreasiasi Lokakarya Akademik Pertama Program Ph.D UMAM

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diadakan di satu unit, pada tahun ini kegiatan diadakan di 2 tempat. Di pondok pesantren Muhammadiyah Kudus unit 2 (singocandi) untuk 142 peserta putra dan di pondok putri (krandon) untuk 161 peserta putri.

Kegiatan diisi dengan pengenalan lingkungan pondok, tata cara Thoharah baik teori dan praktek dan berbagai permainan dan outbond

Baca juga :  Semakin Dipercaya Umat, Muhammadiyah Kembali Terima Wakaf Ribuan Meter Persegi di Gebog Kudus

Seluruh peserta diajak untuk membiasakan sholat tahajjud, sholat 5 waktu berjamaah dan mengaji bersama setelah sholat berjamaah. Selain itu mereka juga dilatih agar mandiri seperti merapikan barang mereka sendiri, merapikan ranjang, antri ketika mengambil makan dan pembiasaan kedisiplinan lainnya.

Plt Direktur Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus ustadzAbdul Wakhid menjelaskan tujuan diadakan kegiatan ini adalah Memperkenalkan dunia santri dan pondok pesantren kepada peserta.

Baca juga :  Juarai Pertandingan Sepak Bola Mini dalam HUT SMP 1 Jati Kudus, SD Muh Birrul Walidain Dominasi Turnamen Bersama Sekolah Muhammadiyah Lainnya

Harapannya mereka mau masuk pondok pesantren untuk menjadi kader ulama’

Kegiatan ditutup pada 27 Desember pukul 09.00 dilanjutkan foto bersama. Para peserta sangat senang mengikuti kegiatan liburan nyantri, insyaallah kegiatan ini akan diadakan setiap tahun.

Kontributor : Falikh Pamungkas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *