NewsPopuler KudusSekolah

Serunya Cosplay Jadi Peternak Sapi Perah

Serunya Cosplay Jadi Peternak Sapi Perah

Muriamu id, Kudus – Usai sudah masa penilaian akhir sekolah semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Sambil mengisi waktu menunggu pembagian raport, SD Aisyiyah Multilingual Darussalam Kudus melaksanakan kegiatan outing class, rabu, 14 Desember 2022. Tujuan dari outing class ialah untuk membuka wawasan siswa terhadap suatu objek di luar kelas agar siswa tidak jenuh dan bosan belajar di dalam ruang kelas saja, sekaligus menerapkan bagaimana pembelajaran yang menyenangkan.

Pada outing class kali ini, mereka diajak berkunjung ke peternakan sapi “Susu Sumber Segar” di desa Garung Lor, Kaliwungu, Kudus. Sepanjang perjalanan, mereka menikmati pemandangan alam persawahan di kanan kiri jalan, serta menyanyikan lagu dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Hingga tidak terasa, sampailah di lokasi peternakan.

Sesampai di lokasi siswa disambut dan diberi penjelasan tentang hewan ternak sapi perah oleh Bapak Zaenal Abidin selaku owner peternakan. Pak Zaenal juga mengenalkan pembuatan biogas dari kotoran sapi, serta cara pengolahan susu sapi dan produk olahannya yang bermacam-macam rasa. Mereka juga mempelajari packing produk olahan susu sapi, ada yang berupa susu bantal dan susu dalam gelas plastik.

Tak berhenti disitu, siswa diajak untuk memberi makan sapi. Ada yang merasa senang namun ada juga yang merasa takut dan belum berani mendekat. Begitu juga saat memerah susu sapi, ada yang merasa takut dan geli. Namun dengan didampingi para ustadzah, mereka akhirnya berani mencoba untuk pengalaman pertama memerah susu sapi secara langsung.

“Praktek langsung seperti ini akan teringat dalam memori siswa untuk mengetahui cara memerah susu sapi dan menumbuhkan sikap sains pada siswa tentang proses tumbuh kembang hewan ternak.” jelas Amrina, Kepala SD Aisyiyah Multilingual Darussalam.


Kegiatan outing class ternyata sangat membekas dalam benak anak-anak dan selalu dinanti tiap selesai penilaian tengah dan akhir semester. Buktinya anak-anak selalu gembira dan bercerita apa yang telah dilakukan saat kegiatan outing class berlangsung. Selain itu anak-anak juga mendapat produk olahan susu sapi untuk dibawa pulang.

Kontributor: AMN

Redaktur: Sam

Related posts
Kabar JatengKares SoloNewsSekolah

Dukung Sekolah Sirkular, Sains Klub SD Muh PK Kottabarat Tanam Cabai dengan Teknik Upside Down

Muriamu.id, Surakarta – Sejumlah 36 peserta ekstrakurikuler sains klub SD Muhammadiyah Program…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Classmeeting Usai, Ini Pesan Ketua IPM SMK Muhammadiyah Kudus

Muriamu.id, Kudus – 10 Januari 2023 PR IPM SMK Muhammadiyah Kudus menyerahkan hadiah lomba yang…
Read more
Kabar MuriaKesehatanNewsPopuler Kudus

Pemuda Muhammadiyah Kudus, MDMC Kudus, dan RS 'Aisyiyah Kudus Ikut Terjun Membantu Warga yang Terdampak Banjir

Muriamu.id, Kudus – Kudus 9 Januari 2023 team medis dari RSA (Rumah Sakit ‘Aisyiyah…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: