Kares SoloSekolah

Serunya Aksi Jurnalis Cilik SD Muhammadiyah Ini Saat Liputan

Serunya Aksi Jurnalis Cilik SD Muhammadiyah Ini Saat Liputan

Muriamu.id, Solo – Siswa dilatih menulis berita ala Adiksimba bersama Jatmiko dilaksanakan di Lapangan Sekolah Sehat Berkarakter SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jumat (19/8/2022).

Dalam momen kali ini, Jatmiko, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, menyampaikan tips dan trik menulis berita dengan menerjunkan beberapa siswa untuk meliput langsung kegiatan ekstrakurikuler Bola Volly yang diikuti sebanyak 75 siswa dengan pelatih Wiyatno dan Hafid Sinung.

”Adiksimba akronim dari kejadian, siapa, dan bagaimana,” terangnya.

Dia membeberkan, agar tulisan kita menarik pembaca, maka harus memperhatikan di antara 5W+1H, tentukan hal yang paling menarik/penting.

Misal cerita tentang sekolah baru, tentukan yang paling menarik, apakah bangunan dan suasana sekolah, guru-gurunya, teman-temannya, dan lain sebagainya.

“Hal paling menarik diceritakan paling awal,” ucap Jatmiko.

Tak banyak teori, Dj—sapaan Dwi Jatmiko—mengajak peserta didknya praktik langsung menulis berita. Ia menjelaskan, menulis berita itu tidak ubahnya bercerita.

“Kalau mau menulis berita, ya berceritalah! Dan tulislah, rekam apa yang kita wawancarai, jangan mudah bosan untuk berlatih menulis sepanjang hayat, selagi masih bisa menulis dan mendengar,” imbuhnya.

What: Kejadian apa, where: Lokasi kejadian. When: waktu kejadian. Who: orang yang menjadi tokoh utama berita dan juga orang-orang yang terkait. Why: alasan atau penyebab kejadian atau isu yang diberitakan. How: proses atau cara terjadinya peristiwa atau masalah itu.

“Perasaanku saat meliput teman – teman ekstra kulikuler voli kali ini menyenangkan, karena banyak teman yang ikut antusias,” Ucap Naura Maritza Setya Rizky, Kelahiran Surakarta, 31 Desember 2011

Dia berharap, pelatihan reportase di lingkungan sekolah ini menjadi awal yang baik bagi peserta ekstrakurikuler jurnalistik cilik untuk belajar menulis berita enak dibaca dan ngangeni serta lebih baik.

“Aku berharap latihan kali ini mambawakan hasil untuk jadi jurnalis/wartawan yang hebat. Kali ini aku mewawancarai anak bernama Daryn, dia kelas 5C. Anak kelas sebelah. Daryn berkata dia merasa senang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler voli ini,” Ucap Naura sambil tersenyum.

Kontributor: Jatmiko

Redaktur: Sam Elqudsy

Related posts
Kabar JatengKabar MuriaKares SoloNewsPopuler Kudus

Lomba Semarak Cabang Ranting, PRM Getassrabi Sabet Dua Penghargaan

Muriamu.id, Solo – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Getassrabi menjadi juara 3 dalam…
Read more
Kabar JatengKares SoloNews

Puja puji dan Permintaan Bantuan Presiden Joko Widodo kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah

Muriamu.id, SURAKARTA- Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya untuk…
Read more
Kabar JatengKares SoloNews

LLHPB PWA Jateng Turut Donasikan Bibt Tanaman Dukung Muktamar ke 48

Sambut muktamar muhammadiyah aisyiyah ke 48 , Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *