Sebagian Kudus Tergenang, MDMC Lakukan Asesmen dan Terjunkan Relawan
NasionalNewsPopuler Kudus

Sebagian Kudus Tergenang, MDMC Lakukan Asesmen dan Terjunkan Relawan

Muriamu.id, Kudus – Cuaca ekstrim yang telah berlangsung selama beberapa hari di Kudus dan sekitarnya belum menunjukkan tanda membaik. Dalam laporan yang disampaikan relawan kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus, Ketua LPB – MDMC Kudus dan Lazismu Kudus, disebutkan bahwa banjir di sejumlah desa di yang tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Jati, Kecamatan Undaan, Kecamatan Mejobo dan Kecamatan Kaliwungu.

Tiga desa di Kecamatan Jati yang tergenang banjir meliputi desan Jati Wetan tepatnya di dukuh Gendok, dukuh Tanggulangin dan dukuh Barisan. Sedangkan di Jati Kulon banjir terjadi di dukuh Kencing. Pengungsi di desa Jati Kulon sebanyak 152 jiwa terdiri dari 73 laki-laki dan 79 perempuan. Sebagian diantara merupakan 30 anak-anak, 6 lansia dan 3 balita.
Di desa Jati Wetan sendiri, MDMC telah menerjunkan relawan untuk membantu mengevakuasi barang berharga milik korban banjir dan memindahkannya ke tempat yang lebih aman.

Baca juga :  SMK Muhala Study Banding ke SMK Muhammadiyah Gondanglegi Malang

Banjir juga menggenang di 5 desa di Kecamatan Undaan yakni Desa Ngemplak, Desa Karangrowo, Desa Wates, Undaan Tengah dan Desa Undaan Lor. Ketinggian air banjir di lokasi ini rata-rata 10-50 cm dan menggenangi jalan kampong. Warga terdampak masih berada di rumah masing-masing dan belum mengungsi.

Lalu, di Kecamatan Mejobo ada 3 desa yang tergenang banjir, yakni Desa Temulus, Desa Kesambi, Desa Golantepus. Selanjutnya, Kecmatan Kaliwungu di Desa Setrokalangan tepatnya di dukuh Setro, Kalangan dan Karangturi. Sementara di Kecamatan Jekulo banjir terjadi di desa Bulungkulon.

Baca juga :  Eco Bhinneka Muhammadiyah Mengunjungi Pura Terbesar di Banyuwangi

Sampai saat ini, LPB – MDMC Muhammadiyah Kudus terus melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan elemen penanganan bencana lainnya dan pemerintah desa setempat. Selain itu MDMC juga mensiagakan personil relawan Muhammadiyah. Belasan relawan disiagakan di basecamp MDMC Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus Jl KH Noorhadi nomor 32 Janggalan Kudus.

Ahad (01/01/2023) pagi ini sebagian relawan mulai diterjunkan ke lokasi bencana di desa Temulus Kecamatan Mejobo dan Kecamatan Jati untuk membantu penanganan banjir. Sebagian lainnya juga bersiaga dan siap bergerak apabila sewaktu-waktu dibutuhkan di lapangan.

Baca juga :  MERIAHNYA MILAD KE-25 SD MUHAMMADIYAH GRIBIG, KEMILAU PERAK REKATKAN UKHUWAH

MDMC Kudus juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap kondisi di lingkungan sekitar, mengingat kondisi cuaca ekstrim diperkirakan berlangsung sampai beberapa hari kedepan.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti melalui pesan singkat memberikan semangat dan motivasi kepada relawan MDMC Kudus, “Salut relawan MDMC Kudus. Melayani, mengharap ridha Ilahi Rabbi.” Tulisnya.

Kontributor: Sam
Redaktur: Sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *