EdukasiKares SoloSekolah

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Kenalkan Potensi Agrobisnis Sejak Dini

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Kenalkan Potensi Agrobisnis Sejak Dini

Muriamu.id, Surakarta – Sejumlah 79 murid kelas II dan 56 murid kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan field trip bersama di Hidroponik Agrowisata Bandungan (HAB), Semarang, Selasa (25/10/2022).

Kegiatan field trip diisi dengan mengenal tanaman hidroponik, menikmati hasil tanaman hidroponik, mencangkok tumbuhan, agrobisnis, dan fun games. Dipilihnya area Hidroponik Agrowisata Bandungan (HAB), Semarang karena sesuai dengan tema yang diusung, yaitu “Belajar Bercocok Tanam Untuk Melatih Jiwa Kewirausahaan”. Aspek karakter yang dipraktikkan adalah mandiri, ulet, kreatif, dan berjiwa wirausaha.

Dalam kegiatan field trip, murid dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai warna bendera, yaitu merah, hijau, biru dan kuning. Setiap kelompok didampingi tiga pemandu.Selanjutnya mereka berkeliling di area HAB dan berhenti di tiap pos untuk belajar bersama pemandu. Pos yang dikunjungi meliputi pembuatan pupuk kompos, ragam tanaman hidroponik, hasil olahan tanaman organik, memberi makan kelinci, dan praktik mencangkok.

Baca juga :  Kenalkan Teknologi Pangan, SD Muh PK Kottabarat Lakukan Field Trip ke Pabrik Tahu

Pada pos terakhir, peserta praktik membuat salad sayur organik hasil hidroponik dan menikmatinya bersama-sama. Salah satu murid kelas II, Oriza Sativa, sangat antusias mengikuti kegiatan field trip.“Senang sekali karena di SD baru pertama ini mengikuti field trip, dulu masih pandemi. Saladnya enak, tomatnya juga lucu kecil-kecil sangat enak dicocol pakai mayones,” ungkapnya.Koordinator kegiatan, Atit Nur Ariyanna, menyampaikan bahwa tujuan field trip adalah untuk memberikan pengetahuan bercocok tanam dan menanamkan semangat bisnis di bidang pertanian.

Baca juga :  Penulis Buku Sejarah IMM "Kelahiran yang dipersoalkan" Tutup Usia

”Kami berharap para murid dapat menyerap keterampilan bercocok tanam secara hidroponik, cara merawat dan mengembangbiakannya, lebih lanjut para murid bisa terinspirasi untuk menangkap peluang bisnis pertanian karena potensi Indonesia sebagai negara agraris,” imbuhnya. Field trip merupakan kegiatan murid mengamati objek yang dipelajari secara langsung, sehingga wawasan pengalaman tentang dunia luar dapat diperoleh murid secara konkret dan nyata.

Kontributor : Nikmah

Editor : Affan

Related posts
Kares SoloKesehatanNews

Fokus Atasi Perubahan Iklim dan Hadapi Bencana, LLHPB Aisyiyah Wilayah Jateng Adakan Training Of Trainer

Muriamu.id, Kudus – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB ) Pimpinan…
Read more
Kares SemarangNewsPopuler KudusSekolah

SDA Mulida "Kulakan" Inspirasi dari Ketua FGM Pusat

Muriamu.id, Kudus – Dalam rangka meningkatkan motivasi mengembangkan sekolah, SD Aisyiyah…
Read more
EdukasiKabar JatengKampusKares SemarangNews

PK IMM Ahmad Dahlan Lakukan Audiensi dengan Dekanat FTIK Unimus, Dorong Transformasi Gerakan

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan menggelar Audiensi dengan…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *