keseruan jeda pas sd muh kotabarat
keseruan jeda pas sd muhammadiyah kotabarat
Kabar JatengKares SoloNews

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Jeda PAS 1

Muriamu.id, Solo — Setelah berakhirnya penilaian akhir semester (PAS) 1, SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengadakan kegiatan Jeda PAS 1 di Lapangan Kottabarat, Senin (12/12/22).

Kegiatan yang mengangkat tema “Semangat Belajar, Bergembira, Berprestasi” ini diisi dengan senam bersama serta lomba ketangkasan dan diikuti oleh seluruh murid kelas I – VI.

Ada dua lomba ketangkasan yang ditandingkan, yakni tarik tambang dan bakiak tandem. Perlombaan ini dipilih karena sesuai dengan elemen Profil Pelajar Pancasila, yaitu nilai kreatif dan gotong royong.

Ayu Retnoningsih Rahayu Sunarsih, selaku ketua panitia jeda PAS 1 menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini selain untuk refreshing mengisi jeda PAS 1 sekaligus menumbuhkan rasa kebersamaan antarmurid.

Baca juga :  Komitmen Ketahanan Pangan Nasional, JSM Fasilitasi Penyaluran KUR Syariah

“Jiwa sportivitas perlu ditumbuhkan kepada murid supaya mereka dapat merasakan kegembiraan saat meraih kemenangan dan sikap legawa serta pantang menyerah saat mengalami kegagalan,” imbuhnya.

Teknis pelaksanaan lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori kelas bawah untuk murid kelas I, II, dan III serta kategori kelas atas untuk murid kelas IV, V, dan VI. Masing-masing kategori akan diambil tiga juara untuk kelompok murid laki-laki dan tiga tiga juara untuk kelompok murid perempuan.

Salah satu murid kelas IV, Arthavia Maheswari menyampaikan kegembiraannya dapat mengikuti kegiatan jeda PAS 1 ini.

Baca juga :  Klaster Matematika SD Muh PK Kottabarat Gelar FGD Peningkatan Kualitas Pembelajaran

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari peserta lomba tarik tambang karena permainan ini dapat melatih kerjasama dan kekompakan antarteman. Apalagi saat final lomba tarik tambang berlangsung, ini bagian paling seru dan menegangkan,” tambahnya.

Kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Nursalam, mengungkapkan bahwa kegiatan jeda semester merupakan kegiatan rutin dan berkesinambungan dengan elemen yang terdapat pada Profil Pelajar Pancasila.

Ia menekankan pentingnya terus meningkatkan kualitas dalam setiap pelaksanaan kegiatan, sehingga tujuan yang diharapkan benar-benar bisa dicapai

“Kegiatan ini memberikan kebermanfaatan bagi murid. Mereka akan memiliki pengalaman yang mengesankan dan lebih terpacu untuk berprestasi sesuai minat dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing,” ungkapnya.

Baca juga :  BW Camp: Menanamkan Ketaqwaan dan Keberanian di Jantung Alam Kudus

Tak hanya senam bersama dan lomba ketangkasan, di penghujung kegiatan jeda PAS 1 murid diberi kesempatan untuk bermain olah raga yang mereka minati.

Dengan berbekal peralatan olah raga yang sudah dibawa dari rumah, murid sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini. Tentunya setiap dari mereka berharap akan menjadi pemenang untuk tiap-tiap kategori lomba yang dipertandingkan.

Kontributor : Nikmah Hidayati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *