SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Asesmen Kompetensi Numerasi (AKN) Untuk Guru
EdukasiKabar JatengKares SoloNewsSekolah

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Asesmen Kompetensi Numerasi (AKN) Untuk Guru

Muriamu.id, Surakarta — Dalam rangka menyemarakkan milad ke-23, SD Muhammadiyah PK Kottabarat menggelar asesmen kompetensi numerasi (AKN) untuk guru, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan diikuti oleh 27 guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat, yang terdiri dari guru kelas 1 – 6, guru Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba), guru PJOK, guru bahasa inggris, guru seni, dan guru TIK yang berlangsung di ruang pertemuan sekolah.

Para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kegiatan AKN memanfaatkan aplikasi Quiziz berbantuan paper mode. Semua guru mengerjakan soal sebanyak 15 butir berbentuk pilihan ganda secara bertahap yang ditampilkan melalui layar LCD.

Baca juga :  UMKU Terjunkan 75 Mahasiswa Diploma 3 Perawat Praktik di RS  dr. Hasan Sadikin Bandung

Untuk memberikan jawaban, guru cukup mengangkat barcode pada kertas sesuai dengan pilihan jawabannya. Barcode tersebut kemudian akan discan oleh petugas. Sebelumnya, barcode sudah dibagikan kepada semua guru.

Kegiatan AKN ini merupakan salah satu rangkaian dari festival numerasi 2023 yang di selenggarakan oleh Komunitas Praktisi Klaster Matematika SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta.

Andi Arfianto, selaku ketua kegiatan festival numerasi 2023, mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui lebih dekat pemahaman kompetensi numerasi bagi guru.

Baca juga :  SMA Muhammadiyah 1 Bangsri Jadi Tuan Rumah Pelatihan Taruna Melati II, PDM Jepara Minta IPM Bersinergi Dengan Berbagai Pihak

“Selama ini, untuk asesmen yang diujikan dari pemerintah terkait kompetensi numerasi hanya berlaku untuk murid. Nah, pada kesempatan kali ini, kami mencoba untuk menerapkannya bagi para guru,” ungkap Andi.

Andi berharap melalui kegiatan festival numerasi dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi numerasi.

Pebri Ike Yulaikah, salah satu peserta AKN, merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga :  Isu Strategis Muktamar 48 Tegaskan Pandangan dan Posisi Muhammadiyah di Tahun Politik 2024

“Kegiatan AKN terasa sangat menyenangkan karena memanfaatkan aplikasi Quiziz,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 180 menit. Pada akhir kegiatan, dipilih tiga guru dengan perolehan nilai tertinggi. Mereka akan mendapatkan penghargaan pada puncak milad sekolah yang akan digelar pada Sabtu, (18/3/2023) mendatang.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : Nikmah Hidayati

Editor : d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *