Opini

SD Muhammadiyah Pasuruhan Kudus yang Bersejarah

SD Muhammadiyah Pasuruhan Kudus yang Bersejarah

Oleh Irwan Setiabudi, MMR

Sekolah Dasar Muhammadiyah Pasuruan Kabupaten Kudus. Pertama kali saya tahu SD ini, saat ibu mertua saya menjabat Kepala Sekolah di sana. Sekolah yang berlokasi di barat balai desa Pasuruan Lor ini, gedungnya sederhana tapi memiliki halaman yang luas untuk ukuran sekolah dasar Muhammadiyah.

Pandemi 2020, anak saya nomor 4, Aslam Mada Al Qudsi, kami masukkan untuk mengisi bangku kelas satu di sana. Banyak yang bertanya, alasan memilih sekolah di SDM Pasuruan. Jawabnya sederhana saya kagum pada kesejarahan di sana.

Sejarah yang pertama, SDM Pasuruan adalah tempat pengabdian terakhir ibu mertua saya sebagai kepala sekolah. Tentu sekolah ini dikelola dengan hati yang ikhlas penuh kesederhanaan seperti yang saya lihat dalam kehidupan sehari-hari. Saya ingin anak saya bisa memiliki karakter kebaikan seperti itu.

Sejarah yang kedua, SDM Pasuruan adalah tempat belajar para pejabat tertinggi Kudus saat masih di bangku sekolah dasar. Bapak Bupati Kudus H. M. Hartopo dan bapak Sekda Sam’ani Intakoris tercatat sebagai alumnus SD Muhammadiyah Pasuruan. Tentu teladan keberanian dan tanggung jawab dalam mengemban amanah sudah diajarkan sejak masih SD.

Sejarah yang ketiga, SDM Pasuruan sudah mencetak akademisi yang baik dan berprestasi. Doktor Suprehatin, teman diskusi online saya, dulu aktifis IPM Kudus yang sekarang mengabdi di Institut Pertanian Bogor. Kekuatan intelektual inilah yang benar-benar menjadi dasar utama dalam belajar.

Inilah alasan saya memilih SDM Pasuruan sebagai tempat belajar anak keempat saya. Bagi yang memiliki harapan yang sama, ikuti jejak saya.

*Owner Rumah Bimbingan Cakrawala Indonesia Kudus

Related posts
Opini

Mengapa Muktamar Muhammadiyah Sangat #GakLucu?

Oleh: Yusuf Rohmat Yanuri Pada 18-20 November 2022, Muhammadiyah menggelar Muktamar ke-48 di…
Read more
Opini

Muhammadiyah dalam Melejitkan Daya Saing Pendidikan Berkemajuan
(Refleksi 110 tahun dan Muktamar ke-48 Muhammadiyah)

■ Dr. Muhtadin Tyas(Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Depok) Ketua Dewan Professor ITS Prof.
Read more
Opini

Bertemu Keluarga

Oleh: A. Hilal Madjdi (Ketua PDM Kudus) Tiba-tiba saja tenggorokan terasa tercekat, semacam ada…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *