NewsPopuler Kudus

Sambut Ramadan, Ratusan Warga Muhammadiyah Getassrabi Ikuti Pengajian Tahtiman

Sambut Ramadan, Ratusan Warga Muhammadiyah Getassrabi Ikuti Pengajian Tahtiman

Muriamu.id, Kudus – Bulan Ramadan adalah bulan istimewa yang dinanti oleh setiap Muslim di seluruh dunia. Mereka sangat bersuka cita dengan kedatangan bulan suci Ramadan. Setiap Muslim pasti akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan, terutama persiapan jasmani dan rohani.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Getassrabi menyelenggarakan pengajian tahtiman pada hari Sabtu tanggal 11 Maret 2023 di Masjid Darussalam Getassrabi.

Dalam sambutannya mengawali pengajian Tahtiman, Muchtar, S.Pd.I selaku Ketua PRM Getassrabi menyampaikan pesan agar warga Muhammadiyah, khususnya di ranting Getassrabi tetap fokus beribadah di Bulan Ramadan.

“Sebagai warga Muhammadiyah, kita harus gembira dengan datangnya Bulan Ramadan. Adanya kemungkinan perbedaan dengan pemerintah tidak menjadi penghalang untuk kita tetap fokus beribadah di bulan Ramadan.” sambutnya.

Baca juga :  Lomba Semarak Cabang Ranting, PRM Getassrabi Sabet Dua Penghargaan

Pengajian Tahtiman dihadiri oleh keluarga besar Muhammadiyah Getassrabi dari berbagai rentang usia. Dari anak-anak hingga lansia semuanya tumpah ruah memadati Masjid Darussalam untuk mengikuti tausiyah dari Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus, Kyai Noor Muslikhan, S.Sos.

Dalam tausiyahnya, Kyai Noor Muslikhan S.Sos menyampaikan bahwa puasa adalah ibadah yang paling sulit, karena ini berkaitan dengan nafsu.

“Oleh karena itu kita perlu menjinakkannya dengan melatih diri untuk berpuasa di Bulan Sya’ban yang tersisa ini. Dengan catatan tidak sampai mendekati di 2 hari menjelang datangnya Bulan Ramadhan, karena itu makruh hukumnya berpuasa di hari-hari tersebut.”

Baca juga :  Muhammadiyah - Aisyiyah Getassrabi Dipimpin Pasangan Suami Istri Ini

Diharapkan dengan Pengajian yang diadakan dapat menyiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam rangkaian acara ini, pada sore harinya dilaksanakan Khataman Alquran 30 Juz oleh jamaah masjid Darussalam. Teknisnya pembacaan dilakukan oleh jamaah secara berpasangan, satu membaca satu lagi menyimak dan mengoreksi apabila ada kesalahan bacaan.

Selama bulan Ramadan, PRM Getassrabi dengan motor penggerak Angkatan Muda Muhammadiyah merencanakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Ramadan, antara lain pengajian ta’jil, buka puasa dan sahur bersama, i’tikaf hingga peringatan nuzulul qur’an.

Kontributor: Irfan

Redaktur: Sam

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *