IslamKampusNasionalNews

Sambut Muktamar Ke-48, HIMATA UMC Adakan Webinar Tarjih

muriamu.id, Cirebon – Himpunan Mahasiswa Tafsir Al-Quran (HIMATA), Fakultas Agama Islam, Univesitas Muhammadiyah Cirebon selenggarakan webinar tarjih dengan tema “Refleksi Tarjih: Menuju Muktamar Muhammadiyah ke-48 pada Kamis, (30/6).

Webinar ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang akan diadakan di Surakarta nanti.

Adapun narasumber webinar yaitu Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Bapak Drs. Mohammad Mas’udi, M.Ag, Prof. Dr. M. Yunan Yusuf, M.A yang merupakan guru besar tafsir UIN Syarif Hidayatullah dan UHAMKA serta Dewan Pakar Studi Al-Quran, Dr. Arief Hidayat Afendi, M.Ag selaku Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kabupaten Cirebon.

Kaprodi IAT UMC Dr. KH. Toto Santi Aji, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa semoga dengan adanya webinar tarjih ini menjadi landasan untuk muktamar Muhammadiyah ke-48 nanti, dan kami sangat apresiasi program HIMATA yang luar biasa dan selalu konsisten dalam mengkaji hal-hal yang sifatnya kontemporer. “Dengan adanya acara yang dihadiri oleh para pakar, semoga bisa memberikan kebermanfaatan,” Ujar Pak Kyai Toto.

Baca juga :  Cegah Perundungan dan Narkoba, SD Muh PK Kottabarat Hadirkan Polisi

Sementara itu Dekan FAI UMC Bapak Dr. Aip Syarifudin, M.Pd.I dalam sambutannya juga menegaskan bahwa “kami selalu dikejutkan dengan acara yang diadakan oleh HIMATA, selalu memberikan sesuatu yang baru, bahkan di bulan Ramadhan kemarin berkali-kali mengadakan diskusi-diskusi serta kajian-kajian.” Ini artinya harus dijaga dan terus berinovasi, sehingga kedepannya terus memberikan sesuatu yang baru”. Jelasnya.

Drs. Mohammad Mas’udi, M.Ag dalam paparannya menyampaikan bahwa tarjih sebagai alat dakwah dan merupakan cara pandang Islam yang berkemajuan.” Tarjih pada masa awal itu menyelesaikan masalah-masalah internal dalam mengambil dan menyimpulkan suatu hukum”. Jelas Mas’udi.

Namun, pada saat ini tarjih lebih fleksibel dan lebih luas sebagai cara pengambilan dan penyimpulan hukum, dimana jika ada suatu problem di dalam keagaaman maka itu juga termasuk problem tarjih. Maka didalam tarjih semua pilar agama tersebut wajib ada pada pribadi mujtahid terutama pilar aqidah, sebab ini sangat penting yang bisa menentukan keabsahan putusan tarjih. “Begitu pula dalam urusan muamalah yang berkaitan dengan hubungan dengan sesama manusia, antar umat beragama dan lain sebagainya agar tercipta sebuah keharmonisan dan keindahan yang dilahirkan oleh muamalah yang baik dan hati yang bersih”. Tutupnya.

Baca juga :  MPI PDM Kebumen Gandeng Wartawan Suara Muhammadiyah dan Jawa Pos dalam Pelatihan Jurnalistik

Webinar ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir dan masyarakat umum. Prodi Ilmu Al-Quran (IAT) Universitas Muhammadiyah Cirebon menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa baru, untuk lebih lengkapnya bisa melalui www.umc.ac.id. (dik/ran)

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *