Kares SoloNewsSekolah

Puluhan Siswa SD Muh 1 Solo Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Puluhan Siswa SD Muh 1 Solo Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Muriamu.id, Solo – Setiap 15 Oktober diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan Sedunia. Peringatan dicanangkan oleh PBB yang bekerja sama dengan berbagai organisasi untuk menggalakkan aksi cuci tangan oleh masyarakat dunia.

Mencuci tangan termasuk aksi praktik petik baik sederhana yang berdampak sangat besar. Ajakan mencuci tangan secara global ini dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian, terutama bagi siswa di sekolah dasar. Selain itu, mencuci tangan juga sebagai langkah pencegahan terhadap berbagai penyakit.

Peringati Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia, juga digelar Sekolah Sehat Berkarakter SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah melakukan sosialisasi cuci tangan bersama tim Usaha Kesehatan Sekolah Ramah Anak, Senin (17/10/2022).

Kepala Sekolah Sri Sayekti, menjelaskan bagaimana cuci tangan yang baik dan benar menurut prosedur, dan ini juga mendukung surat edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mencanangkan Gerakan Sekolah Sehat yang memiliki visi dan misi untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan berkarakter.

Baca juga :  Pentas Dalang Cilik SD Muh 1 Solo Bawa Pesan Anti Fraud

“Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut salah satunya adalah dengan melakukan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir sesering mungkin untuk mencegah penyakit. Tema HCTPS 2022 adalah “Bersatu untuk Tangan Bersih Seha,” ujar Sri Sayekti.

Menurut Sayekti, sapaan akrabnya, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir itu penting untuk menghilangkan bakteri dan kuman lainnya yang ada di tangan.

“Telapak tangannya diputar tujuh kali, setelah itu punggung tangan di gosok. Sebelumnya, lepaskan semua perhiasan yang menempel di tangan seperti cincin, gelang, dan jam tangan,” ujarnya.

Baca juga :  Tak Hanya untuk Siswa, Sekolah Ini Biasakan Salat Berjamaah Bagi Seluruh Warga Sekolah

Selain pakai sabun, lanjutnya, cuci tangan juga bisa menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol 70 persen. “Kalau menggunakan cairan antiseptik, putarnya cukup empat kali,” bebernya.

Selain menjelaskan teori, anak-anak juga diajak praktek dengan iringan lagu cuci tangan.

“Gerakan mencuci tangan dengan sabun pun harus lebih gencar dilakukan di kalangan anak sekolah, walaupun SD Muhammadiyah 1 Ketelan sudah rutin dan terbiasa karena sudah menjadi budaya kampanye Sekolah Sehat. Tujuannya adalah agar anak-anak mengerti pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum ataupun sesudah melakukan aktivitas,” pungkasnya.

Kontributor Jatmiko

Redaktur Sam

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *