Profil Muhadjir Effendy, Plt Menpora yang Ditunjuk Gantikan Zainudin Amali
NasionalNewsOlahraga

Profil Muhadjir Effendy, Plt Menpora yang Ditunjuk Gantikan Zainudin Amali

Muriamu.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, bakal menjabat sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang menggantikan Zainudin Amali.

Muhadjir Effendy untuk sementara ini bakal mengemban tugas menjadi Plt Menpora setelah Zainudin Amali resmi mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam waktu dekat, Jokowi akan mencari pengganti yang akan menduduki jabatan Menpora secara definitif. Namun, untuk sementara ini, Muhadjir Effendy akan menjadi pelaksana tugas alias Plt Menpora.

Baca juga :  Kemenkes Verifikasi Kantin Hygiene Sanitasi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Muhadjir Effendy merupakan salah satu Menteri yang sering mendapatkan jabatan selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sebelum menjadi Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Kemenko PMK).

Jabatan itu diberikan kepadanya sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, ia sempat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja.

Ketika itu, Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan, tepatnya pada 27 Juli 2016. Dia lebih dikenal sebagai sosok akademisi ketimbang politisi.

Baca juga :  Perdana! Tanwir PP IPM diadakan di Papua

Pasalnya, dia sempat menjabat sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Malang selama tiga periode, yakni pada 2000 hingga 2016.

Dari sana, dia mendapatkan jabatan sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020 untuk Bidang Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan pengembangan.

Kiprahnya memang cukup banyak berada di Muhammadiyah, terutama sejak mengawalinya sebagai Ketua Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Malang pada tahun 1978.

Baca juga :  Menko PMK Resmikan Motor Listrik FreenegMu 48 & TeFa SMK Muhammadiyah Purwodadi (ESEMKAPURWA)

Menelisik latar belakang pendidikannya, Muhadjir sempat menimba ilmu di MI Al-Islam Mojorejo di Madiun, lalu melanjutkannya di PGAN Madiun.

Muhadjir sempat menempuh pendidikan Sarjana Muda di Fakultas Tarbiyah IAIN Malang, lalu melanjutkannya ke Sarjana Pendidikan Sosial di IAIN Malang.

Jenjang selanjutnya ditempuh di Program Magister Administrasi Publik Universitas Gadjah Mada, lalu menempuh jenjang S3 di Program Doktor Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Airlangga.

Sam/bolatimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *