Kabar JatengKares SoloNewsSekolah

PPL Kelas VI SD Muhammadiyah PK Banyudono Ke Museum Dirgantara Jogjakarta

PPL Kelas VI SD Muhammadiyah PK Banyudono Ke Museum Dirgantara Jogjakarta

Muriamu.id, Boyolali – Kamis, 22 September 2022 – Sejumlah 58 Siswa-siswi SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Kabupaten Boyolali melakukan kunjungan belajar yang dikenal dengan Program Pembelajaran Lapangan (PPL) Semester 1.

Tujuan dari kunjungan kali ini adalah Museum Dirgantara dan Taman Pintar Yogyakarta. dengan Tema Character and Inventions.

Kunjungan yang pertama adalah ke MUSEUM DIRGANTARA

Adapun sejarah Museum Dirgantara adalah sebagai berikut,
Museum bernama lengkap Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala ini merupakan museum yang digagas oleh TNI Angkatan Udara. Museum ini berada di Kompleks Pangkalan TNI LANUD Adi Suctjipto, Jalan Raya Janti, Yogyakarta.

Museum Dirgantara menyimpan sejumlah koleksi yang mengabadikan rangkaian peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU.

Museum ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia. Sejumlah pesawat tempur dan replikanya juga terdapat di museum ini yang kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan.

Selain mengunjungi Museum Dirgantara, siswa-siswi SD Muhammadiyah PK Banyudono juga melakukan kunjungan belajar di TAMAN PINTAR JOGJAKARTA

Baca juga :  Kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Adakan PPL di Kraton Solo

Taman Pintar adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg.

Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan.

Beberapa tahun ini Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta maupun luar kota.

Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi.

Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif.

Didampingi 4 guru pendamping, yakni Ustad Pujiono, Aditiya Putra N, Ustadzah Iin Marlinda, Dan Ustadzah Anik Soffiyati. dengan siswa Sebanyak 58. siswa-siswi terlihat sangat antusias dalam melakukan program kunjungan belajar lapangan kali ini. Menurut salah satu guru yang mendampingi kegiatan tersebut – Iin Marlinda, S.Pd, Program Pembelajaran Lapangan (PPL) adalah agenda rutin tahunan yang dilakukan di SD Muhammadiyah PK Banyudono.

Baca juga :  Kelas IV SD Muh PK Banyudono PPL di Villa Ceramic Klaten

Dengan mengangkat tema Characters and Inventions 🔍, diharapkan program ini bisa menambah wawasan siswa tentang Kedirgantaraan, Tokoh-tokoh sejarah Kemerdekaan, Peristiwa Sejarah Kemerdekaan dan juga para tokoh-tokoh/ilmuwan penemu di bidang SAINS yang hasil temuaanya hingga kini bisa dirasakan manfaatnya oleh jutaan umat di dunia.

Sebagai closing dalam Kegiatan kunjungan belajar kali ini, tidak lupa anak-anak diajarkan untuk meneladani salah satu olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW, yaitu olahraga renang. Sebagai obyek tujuan renangnya adalah Umbul Pelem yang berada di kawasan Janti, Klaten.

Yogyakarta, 22 September 2022

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *