IslamOlahraga

Pertama Kali di Inggris, Blackburn Rovers FC Gelar Shalat Idul Fitri di Lapangan

Pertama Kali di Inggris, Blackburn Rovers FC Gelar Shalat Idul Fitri di Lapangan

Muriamu.id – Blackburn Rovers FC menjadi klub sepak bola Inggris pertama yang menyelenggarakan salat Idul Fitri di lapangan mereka.

Ratusan orang berkumpul di Ewood Park pada hari Senin (2/5) untuk menandai akhir bulan suci Ramadhan sekaligus melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 H. Rekaman udara yang di-tweet oleh laman klub menunjukkan sekitar setengah lapangan ditutupi oleh gelaran sajadah jamaah yang hadir.

Sebuah pesan dari klub berbunyi: “Idul Fitri dari semua orang di Blackburn Rovers. Pagi ini #Rovers menjadi klub sepak bola pertama di negara ini yang menyelenggarakan salat Idul Fitri di lapangan.”

Ahmed Khalifa, 37, kelahiran Sudan, yang pindah ke Blackburn dari Uni Emirat Arab sekitar empat bulan lalu, menggambarkan betapa senangnya dia melihat begitu banyak orang di stadion.

“Idul Fitri bagi umat Islam adalah sesuatu yang sangat istimewa, mengumpulkan semua kerabat bersama-sama,” ujarnya dikutip dari laman The Guardian.

“Jadi itu masalah yang sangat besar bagi kami untuk memiliki kelompok orang ini. Sangat senang melihat semua orang di sana. Orang-orang Blackburn, mereka semua tampak seperti bagian dari komunitas, tetapi bagi saya yang baru datang ke kota ini … sekarang saya merasa seperti bagian dari komunitas.” imbuhnya.

Blackburn Rovers bermain di Championship, kasta kedua sepak bola Inggris. Khalifa adalah penggemar Manchester City tetapi mengatakan dia sekarang juga akan mendukung tim tuan rumah barunya.

“Saya tahu itu adalah cara bahasa Inggris yang harus dilakukan,” katanya.

“Setiap kota [harus] mendukung tim mereka apa pun yang dilakukan tim mereka, baik atau buruk. Saya akan mendukung mereka sampai mereka berhasil.” tambahnya.

Puluhan pengguna media sosial mengucapkan selamat kepada Blackburn karena menjadi tuan rumah acara tersebut.

“Ini sebenarnya cukup menakjubkan,” kata salah seorang fans.

“Bagus untuk semua yang terlibat – cukup istimewa untuk kota kecil bernama Blackburn. Semoga klub lain mengikuti di mana ada kebutuhan. Bangga menjadi Rover. Idul Fitri.” ujar fans yang lain.

Shalat Idul Fitri diadakan di situs-situs di seluruh negeri pada Senin pagi. Di Birmingham, diperkirakan 30.000 orang berkumpul di taman Small Heath, sementara sekitar 20.000 orang berkumpul di taman Platt Fields di Manchester.

Lapangan kriket Edgbaston Birmingham bermitra dengan masjid setempat untuk menyelenggarakan shalat di salah satu bidang pelatihannya.

Zain/Mujadid

Related posts
IslamNasionalNewsSekolah

Jelang Muktamar Muhammadiyah, Haedar Nashir Letakkan Batu Pertama Pembangunan 2 Unit Asrama Mu'allimin

Muriamu.id, Yogyakarta – Di tengah padatnya aktivitas menjelang Muktamar Muhammadiyah dan…
Read more
IslamNasionalNews

Tak Hanya Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, Nasyiah Juga Gelar Muktamar Blended

Muriamu.id, Bandung – Bulan November 2022 menjadi bulannya Muktamar bagi Muhammadiyah dan…
Read more
IslamKampusNasionalNews

Expert Meeting PSM UMY Proyeksi PP Muhammadiyah 2022-2027: Tak Sekadar Darah Segar

Muriamu.id, Yogyakarta – Pusat Studi Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *