Kabar MuriaKampusNewsPopuler Kudus

Peringati HUT PPNI ke- 49, UMKU Gelar Seminar Peningkatan SDM Perawat Profesional

<strong>Peringati HUT PPNI ke- 49, UMKU Gelar Seminar Peningkatan SDM Perawat Profesional</strong>

Muriamu.id, Kudus – (18/3) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-49 Universitas Muhammadiyah Kudus bersama DPD PPNI Kabupaten Kudus selenggarakan seminar keperawatan. Dua pembicara expert dihadirkan dalam kegiatan ini; Dr Ns. Rusnoto, S.KM. M.Kes (Epid) (Rektor UMKU) dan Ns. Masvan Yulianto, S.Kep., M.Kes.(Ketua DPD PPNI Kudus).

Seminar ini mengangkat tema penting dalam dunia keperawatan Indonesia “Meningkatkan Profesionalisme dan Sumber Daya Manusia dalam Keperawatan”. Tema tersebut sengaja diangkat oleh panitia karena PPNI telah melalui perjalanan panjang sebagai organisasi profesi Perawat di Indonesia, dan bukan hal yang mudah untuk menjaga kelangsungan sebuah organisasi yang senantiasa menjadi rumah bagi warga profesinya. Kiprah yang luar biasa menjadi garda depan menjaga dan meningkatkan status kesehatan klien atau masyarakat, karena itu tuntutan profesionalisme dalam bekerja menjadi etos yang harus terus diupayakan.

Baca juga :  Merembug Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus Periode Muktamar 48

Rektor UMKU menekankan komiten Peruruan Tinggi (UMKU) dalam menciptakan kompetensi SDM perawat dan bersinergi dengan perawat kilinis dalam memberikan pelayanan yang optimal. “Berdasarkan data dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) tahun 2020, terdapat 633.025 perawat aktif secara STR, dan pada tahun 2025 secara komulatif diperkirakan akan menjadi 696.217 orang, adanya surplus tenaga perawat ini harus diimbangi dengan penyerapan pendayagunaan sumber daya kesehatan, oleh karena itu komitmen UMKU sebagai pelenggara pendidikan keperawatan dari tingkat S1 hingga profesi ners selalu siap mengupayakan yang terbaik melalui kelimuan yang tentu sejalan dengan perkembangan iptek” ungkap Dr Ns. Rusnoto, S.KM. M.Kes (Epid). Ia juga menjelaskan strategi meningkatkan SDM perawat professional dapat ditempuh melalui penguasaan kompetensi abad ke-21, Skill Pelatihan dan pendidikan profesi, serta manajemen jenjang karir.

Baca juga :  Tafsir Serukan Dakwah Gaya Baru lewat Budaya

Senada dengan ungkapan tersebut, Ketua DPD PPNI Kudus juga menekankan pentingnya  profesionalisme dalam diri perawat. “Perawat hendaknya mampu mengkonversikan ilmuya menjadi keterampilan, perawat professional harus selalu menjunjung tinggi etika dan integritas profesi,nilai-nilai professional harus menjadi bagian dan telah menjiwai seseorang yang sedang mengemban sebuah profesi” kata Ns. Masvan Yulianto, S.Kep., M.Kes.

Kegiatan ilmiah yang diselenggarakan secara daring melalui platform zoom meeting dan streaming youtube ini berjalan lancar dan dinamis diikuti sebanyak 809 peserta.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: Twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : AR

Editor : AWA

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *