EdukasiKabar JatengKares SoloNewsSekolah

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, SD Muh. PK Kottabarat Kukuhkan Duta Baca

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, SD Muh. PK Kottabarat Kukuhkan Duta Baca

Muriamu.id, Surakarta — Minat baca adalah akar dari kemampuan berliterasi seseorang. Oleh karena itu, peran sekolah sebagai wadah untuk menciptakan manusia yang terdidik sangat diharapkan agar mampu menumbuhkan minat baca pada setiap muridnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan minat warga sekolah untuk berkunjung ke perpustakaan.

Seperti yang dilakukan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta. Dalam rangka meningkatkan minat baca sekaligus memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sekolah mengukuhkan tiga murid sebagai “Duta Baca,” Kamis (14/9/2023).

Pengukuhan Duta Baca dilakukan berdasarkan hasil seleksi terhadap persentase data kunjungan dan peminjaman buku koleksi perpustakaan selama satu bulan.

Peraih penghargaan Duta Baca Perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta diberikan kepada Callysta Fedora Hermawan (Kelas III), Bill Zicoqu Seano El Shaka (Kelas IV), dan Aishwarya Syiffa Alika (Kelas V).

Baca juga :  Tanamkan Cinta Tanah Air, Murid SD Muh PK Kottabarat Surakarta Kunjungi Akmil Magelang

Pemberian penghargaan diberikan secara langsung oleh Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat, Nursalam, melalui kegiatan apel di hall sekolah setempat. Penghargaan tersebut berupa pengalungan Samir dan penyerahan sertifikat Duta Baca.

Dalam sambutannya, Nursalam menyampaikan bahwa perpustakaan merupakan jantungnya sekolah. Artinya, selama perpustakaan masih ramai dikunjungi dan menjadi pusat aktivitas literasi, sama juga dengan jantung yang sehat dan masih terus berdenyut.

“Duta Baca perpustakaan sekolah harus bisa menginspirasi murid yang lain dan dapat mengemban amanah secara baik untuk mengkampanyekan gemar membaca dan berkunjung ke perpustakaan,” ujarnya.

Vera Wardiningsih, selaku pustakawan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, menyampaikan bahwa pengukuhan Duta Baca ini bertujuan untuk menggiatkan gerakan budaya membaca di lingkungan perpustakaan sekolah.

Baca juga :  Raih Keberkahan Hidup dengan Alqur'an SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Wisuda Tahfidz

“Pemilihan Duta Baca akan dilakukan secara periodik, satu bulan sekali. Selain berdasarkan persentase kunjungan dan peminjaman koleksi buku, penilaian ini juga didasarkan oleh pengamatan sikap dan ketertiban saat berkunjung di perpustakaan,” terangnya.

Salah satu Duta Baca terpilih, Bill Zicoqu Seano El Shaka, merasa senang dan bangga dirinya terpilih menjadi Duta Baca periode bulan Agustus.

“Aku sangat terkejut dan tak menyangka bisa mendapat penghargaan sebagai Duta Baca perpustakaan sekolah. Pengalaman yang sangat berharga dan membuatku semakin bersemangat dalam membaca buku,” pungkasnya.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : Nikmah Hidayati

Editor : d

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Membuka TM 1 IPM, Kepsek SMK Muhammadiyah Kudus Sampaikan Ciri Pelajar Berkemajuan

Muriamu.id, Kudus — Taruna Melati 1 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK…
Read more
IslamNewsPopuler Jepara

Antisipasi Krisis Iklim, 'Aisyiyah Jepara Tanam Ribuan Pohon di Pondok Pesantren Nurul Ilmi

Muriamu.id, Jepara – Relawan Aisyiyah Jepara, yang tergabung dalam Lembaga Lingkungan Hidup…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *