NasionalNews

Perdana! Tanwir PP IPM diadakan di Papua

Perdana! Tanwir PP IPM diadakan di Papua

Muriamu.id, Sorong – Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) menyelenggarakan Tanwir secara luring pada Kamis (22/09/22) di Sportorium Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (UNIMUDA), Papua Barat.

Sebagai informasi tanwir merupakan agenda terbesar seusai muktamar, yakni agenda evaluasi dan proyeksi ke depan dalam rangka memberikan gambaran-gambaran baru untuk arah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ke depan.Kali ini mengusung tema “Recover, Rebuild, Resilience.” 

Turut hadir 37 peserta dari 18 Pimpinan Wilayah (PW) IPM seluruh Indonesia dan beberapa tokoh seperti Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais, Perwakilan Bupati Sorong Suroso, Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Rustamaji, Ketua Umum PP IPM Nashir Efendi, dan Ketua Umum PW IPM Papua Barat Rian Hidayat. 

Dalam kesempatan ini, Suroso Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mewakili Bupati Sorong mengatakan bahwa tema tanwir kali ini senada dengan tantangan pasca pandemi dan era disrupsi.

 “Temanya udah kelas nasional, sebab sangat menggambarkan apa yang harus kita kerjakan,” ungkapnya.

Selanjutnya Ketua Umum Pimpinan Pusat IPM, Nashir Efendi menjelaskan bahwa lokasi Tanwir 2022 merupakan pengamalan ayat Al-Qur’an yang mengambil diksi Timur dan Barat. Karena kegiatan Tanwir 2022 ini pertama kalinya di gelar di Indonesia Bagian Timur, yaitu di Sorong, Papua Barat.

Baca juga :  Adakan Technical Meeting, SMK Muhammadiyah Kudus Gelar Lomba E-sport dan PBB

“Kalau ditanya mengapa memilih lokasi tanwir di sorong jawaban nya sederhana. Karena ini merupakan pengamalan beberapa ayat dalam Al-qur’an yang terdapat diksi yang menjelaskan ada timur dan barat, yaitu di Q.S Al Muzammil Ayat 9, Q.S Al-Baqarah ayat 115, dan Q.S Al-Baqarah ayat 177,” jelas Nashir.

Lebih lanjut, Nashir menjelaskan bahwa tema di Tanwir 2022 ini sangat penting bagi IPM. Karena Recover, yang berarti sembuh atau bangkit dari pandemi. Lalu Rebuild, membangun ulang tatanan sosial yang ada di dalam IPM. Kemudia Resilience, ketahanan, yang di maksud adalah IPM di desain agar bisa bertahan jika nantinya tertimpa musibah atau krisis lagi.

“Agar kita menjadi organisasi terdepan untuk mencontohkan bahwa IPM itu dapat menjadi organisasi yang relevan dan terdepan dalam menghadapi krisis tersebut,” tutur Nashir.

Lalu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Dahlan Rais berpesan kepada para seluruh kader IPM yang menjadi peserta Tanwir, bahwa kedatangan para peserta harus menumbuhkan suatu rasa bahwa hidup manusia itu bermasyarakat, karena bermasyarakat itu sunnatullah.

Baca juga :  Hadir di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus, Kampung Dongeng Ajak Anak Rajin Membaca

“Ada tiga konsekuensi dari hidup bermasyarakat, yaitu hidup dalam keberagaman, hidup dalam kepedulian, dan hidup dalam kebersamaan. Kalau berbicara masalah keberagaman, insyaallah Muhammadiyah berada di depan, karena Muhammadiyah hadir di Maumere, Kupang, Sorong, Minahasa, di mana islam itu minoritas, tetapi Muhammadiyah dapat hidup Bersama dan berdampingan dengan aman dan baik,” tutur Dahlan.

Kemudian Dahlan juga menyampaikan esensi dari tema Tanwir kali ini memiliki semangat optimis dan percaya diri bahwa kita bisa menjadi lebih baik dengan terus bangkit dan pulih dari keterpurukan.

“Mental yang baik apalagi anak muda, artinya masih jauh ke depan, adalah ia tidak mengenal kata gagal. Yang ada adalah kesuksesan yang tertunda. Jatuh bangun jatuh bangkit dan akhirnya menang. Ini yang perlu ditanamkan,” pungkas Dahlan.

Reporter: Ian, Nabila, Inas, Vira, Hasan, Mahda, Yudhis

Sorong, 22 September 2022

Lembaga Media dan Komunikasi PP IPM

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *