EdukasiKabar JatengKampusKares SoloNews

Penggabungan 3 PTS, Ketua BPH ITB Muhammadiyah Silaturahim ke PDM Karanganyar

Penggabungan 3 PTS, Ketua BPH ITB Muhammadiyah Silaturahim ke PDM Karanganyar

muriamu.id~Belum genap sebulan berdiri, Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) sudah jadi jujugan studi banding. Jumat (24/6/2022), pengurus Badan Pembina Harian (BPH) Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Pangandaran (ITBMP) yang sedang dirintis, serta perwakilan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Pangandaran berkunjung di kampus Umuka.
Mereka berdiskusi dan belajar tentang pendirian universitas. Studi banding dilakukan karena PDM Pangandaran dan pengurus BPH ITBMP menilai, Umuka menjadi role model dalam pendirian universitas dengan menggabungkan beberapa perguruan tinggi.
Sekadar tahu, pendirian Umuka yang diinisiasi PDM Karanganyar, mengakuisisi tiga perguruan tinggi swasta yakni Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta, Akademi Sekretaris Manajemen Santa Ana atau ASMI Semarang dan Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka).
Ketua BPH ITBMP Sulia Nati mengatakan, sebagai daerah pemekaran baru, Pangandaran perlu memiliki institusi perguruan tinggi yang berguna untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
“Di Pangandaran, level pendidikan Muhammadiyah baru sampai tahap pendidikan menengah. Maka, kami merintis ITBMP. Namun ada peralihan sistem dan regulasi di kementerian yang harus kami ikuti.
‘’Saat ini sedang berproses. Harapannya bisa mengantongi izin operasional, namun masih harus melengkapi beberapa persyaratan. Misalnya untuk tenaga pendidik atau dosen,” katanya, usai pertemuan.
Dari pertemuan dengan pengurus Umuka, Sulia mengaku, mendapat banyak masukan dan wawasan terkait pendirian perguruan tinggi, termasuk keuntungan mendirikan universitas dengan mengakuisisi perguruan tinggi lain.
“Hasil diskusi jadi masukan untuk pembahasan. Termasuk mencari informasi, perguruan tinggi mana yang bisa diajak bergabung. Semua masih memungkinkan,” ujarnya.
Menurutnya, rencana pendirian perguruan tinggi Muhammadiyah di Pangandaran direspons positif pemerintah setempat, serta mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang merupakan putri asli Pangandaran.
“Kami berharap, hasil dari studi banding ini bisa segera ditindaklanjuti, untuk mewujudkan berdirinya perguruan tinggi Muhammadiyah di Pangandaran,” imbuhnya.
Ketua PDM Karanganyar Muh Samsuri mengatakan, Pangandaran punya potensi untuk mendirikan perguruan tinggi. Apalagi pemerintah setempat sangat mendukung.
“Kami sampaikan, jika memang bisa dan memungkinkan, bangunlah sekalian rumah yang besar, yakni universitas. Karena lebih menarik minat masyarakat untuk menempuh pendidikan di situ,” katanya.
Jika diminta, PDM Karanganyar siap membantu dan mendampingi pendirian universitas di Pangandaran. Teman-teman yang kemarin mengurus berbagai hal dalam pendirian Umuka, bisa mendampingi jika dibutuhkan. Agar keberadaan perguruan tinggi Muhammadiyah di Pangandaran segera terwujud,” imbuhnya.

Related posts
IslamKares Solo

Biodata Ketua Umum PP Aisyiyah periode 2022-2027

Muriamu.id, Kudus – Nama Salmah Orbayyinah barangkali cukup jarang terdengar di telinga warga…
Read more
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *