NewsPopuler KudusSekolah

Pelajari Ekosistem, Siswa SD Muhammadiyah di Kudus Ini Amati Lingkungan Sekitar

Pelajari Ekosistem, Siswa SD Muhammadiyah di Kudus Ini Amati Lingkungan Sekitar

muriamu.id, Kudus – Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang tidak hanya mengenalkan siswa pada suatu teori, tetapi juga mampu memberikan arahan untuk menerapkan teori tersebut pada realitas sekitar. Sayangnya pemahaman tersebut menjadi sulit diwujudkan dalam dua tahun pandemi kemarin. Kondisi tersebut mengharuskan para siswa untuk di rumahkan. Pembelajaran pun terpaksa hanya bisa dilakukan secara online.

Tentu hal ini berpengaruh pada karakter siswa akibat metode pembelajaran yang terbatas. Akibatnya, pembelajaran dalam hal praktek dan terjun lapangan untuk memahami realitas sosial menjadi sulit untuk dilaksanakan. Hal tersebut pun juga berpengaruh pada hard skill dan kepekaan sekitar para siswa.

Berangkat dari hal tersebut, memanfaatkan kembalinya sistem pembelajaran secara langsung, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus mencoba mengajak murid-muridnya untuk melakukan pembelajaran di luar ruangan.

Salah satunya saat pelajaran IPA murid kelas 5 dengan materi Ekosistem, murid diajak untuk keluar ruangan menuju sawah serta lingkungan sekitar sekolah.

Para murid diajak untuk melakukan pengamatan langsung pada alam, tumbuhan, dan lingkungan. Kemudian mereka diajak untuk menentukan faktor biotik dan abiotik yang mereka temukan di ekosistem sekitar sekolah.

“Murid diberi pemahaman dulu tentang teori ekosistem. Seperti faktor pembentuk ekosistem baik biotik yang berasal dari unsur makhluk hidup, dan abiotik dari unsur non makhluk hidup seperti suhu, cahaya, tanah, air, batu, dan semacamnya, baru kemudian diajak mengamati lingkungan sekitar.” Ungkap Fatchun Nai’m, guru mapel IPA.

Para murid sangat antusias dengan kegiatan pembelajaran di luar ruangan ini. Mereka dapat berkeliling mengamati ekosistem sambil membawa buku dan catatan mereka serta berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Selama kegiatan berlangsung guru pun mendampingi murid dengan baik. Tidak hanya untuk menjaga kondusifitas selama di luar sekolah, tetapi juga membimbing murid dalam melakukan pengamatan dan belajar.

kontributor : riyan
editor : Z

Related posts
KesehatanNasionalNews

Gempa Cianjur, Inilah Berbagai Layanan Muhammadiyah Untuk Warga Terdampak

muriamu.id, jakarta — Muhammadiyah melalui MDMC dan dukungan Lazismu sudah mengerahkan…
Read more
Kares SoloSekolah

SD Muhammadiyah PK Banyudono Raftingkan Guru TK di Sungai Elo

Muriamu.id, Boyolali – Guna meningkatkan keakraban dan kerjasama, SD Muhammadiyah Program…
Read more
Kares SoloSekolah

SD Muhammadiyah 1 Surakarta Raih Penghargaan Terbaik Pertama Sentra Jajanan Pangan/Kantin

Muriamu.id, Solo – Kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta, mendapatkan penghargaan terbaik…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *