Populer JeparaSekolah

Parenting SD Muhammadiyah Kriyan bersama Ustadz Jamaludin Kamal: “Sinergitas Sekolah dan Orang tua itu, Harus”

<em>Parenting SD Muhammadiyah Kriyan bersama Ustadz Jamaludin Kamal: "Sinergitas Sekolah dan Orang tua itu, Harus"</em>

Muriamu.id, Jepara – Parenting di SD Muhammdiyah Kriyan hari Sabtu, 7 Januari 2023 menjadi hari yang baik dalam membangun kebersamaan dan sinergitas. Sebagaimana tema yang diangkat oleh sekolah adalah Sinergitas Sekolah dan Ortu dalam mewujudkan SD Muhammadiyah Kriyan Unggul berkemajuan.

Hadir selaku narasumber, Ustadz Jamaludin Kamal, M.Pd, kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Tema ini dirasa sangat tepat sesuai dengan konteks kompleksitas persoalan yang dihadapi oleh orang tua juga sekolah.

Dalam paparan beliau, kegiatan Parenting sebagai ilmu pola asuh orang tua sebagai momentum yang tepat bagi orang tua, saling gayung bersambut.

Apa kebutuhan orang tua terkait dengan anak-anak yang menjadi aset bagi keluarga dan bagian dari masyarakat global? Di sisi lain SD Muhammadiyah Kriyan hendak mewujudkan sekolah dengan kemajuan dan keunggulan tersendiri.

Parenting sebagai salah satu bentuk pelayanan bagi wali murid agar terjaga spirit dalam mendampingi putra-putrinya dalam mewujudkan anak sesuai dengan harapan orang tua.

Orang tua dirasa sangat penting ikut terlibat dan berperan secara langsung maupun tidak langsung pada kegiatan yang telah diprogramkan oleh sekolah.

Kegiatan parenting yang diselenggarakan SDMK ini juga diharapkan cairnya suasana, membuka kran komunikasi, serta mempertemukan antar wali murid yang difasilitasi oleh sekolah sehingga dapat membuka mindset berupa kesadaran diri akan kelebihan dan kekurangan anak.

Demikian juga kegiatan parenting ini agar makin terbangun kesadaran bahwa kerja sama yang apik antara sekolah dan wali murid akan mewujudkan generasi yang tangguh dan cerdas akan mudah terwujud.

Apalagi SD Muhammadiyah Kriyan, sebagai sekolah swasta yang harus mandiri dari segi manajemen operasionalnya, harus makin eksis. Keberadaannya tanpa topangan dan kepercayaan dari masyarakat niscaya akan kolap tak akan diperhitungkan oleh masyarakat.

Itulah tujuan pada akhirnya SD Muhammadiyah Kriyan menyelenggarakan kegiatan ini dengan solidnya pilar kemajuan ditegakkan, kelak SDMK akan makin maju, berkembang dan unggul.

Sinergi membangun Harmoni

Materi yang disampaikan oleh ustadz Jamaludin Kamal sarat dengan nilai keunggulan. Bagaimana sikap orang tua dalam menyinkronkan program unggul sekolah dengan suasana di rumah.

Paparan dalam slide yang diawali dengan mengunggah sekolah-sekolah Muhammadiyah unggul dan berkemajuan di sebagian kota di Jawa Timur.

Beliau tidak sekedar hendak memberikan kabar saja, namun lebih dari itu, bahwa sekolah-sekolah yang unggul mampu menyatukan seluruh elemen dan potensi yang dimiliki oleh sekolah.

Salah satu video yang di paparkan ustadz Jamal saat hari guru nasional di sekolah beliau yang diinisiasi oleh wali murid menjadi momen terindah.

Betapa pentingnya komunikasi orang tua wali murid dan sekolah yang terwadahi dan difasilitasi oleh sekolah.


Kontributor: Akhmad Faozan, Penulis buku Everything Begins with Love, Guru SD Muhammadiyah Kriyan

Related posts
NewsPopuler KudusSekolah

Kepala Disdikpora Kudus Sambangi Gelar Karya P5 SD Muhammadiyah 1 Kudus

Muriamu.id, Kudus – Gelar Karya P5 SD Muhammadiyah 1 Kudus masih berlangsung hingga hari ini…
Read more
Populer KudusSekolah

Lomba Milad 102 Tahun SD Mutuku, Ini Daftar Juaranya!

Muriamu.id, Kudus – Hari ke 2 pelaksanaan rangkaian milad 102 SD Muhammadiyah 1 Kudus didukung…
Read more
NewsPopuler KudusSekolah

Hanya di SD Mutuku, Orang Tua dan Anak Kompak Jualan Bazaar

Muriamu.id, Kudus – Rangkaian acara milad, lomba TK B dan gelar karya di SD Muhammadiyah 1…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: