Opini

Pak Haedar dan Bu Noor: Pasangan Emas Muhammadiyah

Pak Haedar dan Bu Noor: Pasangan Emas Muhammadiyah

Oleh: Sam Elqudsy*

Ahad, 11 September 2022 untuk pertama kalinya saya berkesempatan berjumpa langsung dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ayahanda Haedar Nashir dan Ketua Umum PP Aisyiyah, Ibunda Siti Noordjannah Djohantini. Selanjutnya keduanya kita panggil dengan Pak Haedar dan Bu Noor.

Meskipun keduanya adalah sosok pimpinan tertinggi Muhammadiyah – Aisyiyah, tak terlihat sedikitpun rasa angkuh, sombong ataupun menjaga jarak dengan warga persyarikatan. Keduanya terlihat begitu ramah, sumeh (full senyum), dan selalu menunjukkan wajah ceria kepada jamaah, meskipun saya tahu pasti lelah.

Lelah. Karena ahad dini hari, pukul 01.00 Beliau baru tiba di Kudus melalui perjalan darat dari Yogyakarta setelah sebelumnya naik kereta api pulang pergi Yogya – Bandung. Tak lama beristirahat, serangkaian aktivitas sudah menanti keduanya esok pagi.

Seharian itu aktivitas keduanya juga sangat padat. Pagi hari, sebelum jam tujuh, keduanya sudah hadir di Universitas Muhammadiyah Kudus untuk melepas puluhan ribu peserta jalan sehat menyambut Muktamar ke 48 Muhammadiyah – Aisyiyah se Jawa Tengah. Tak berselang lama, keduanya meninjau pembangunan gedung Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah. Gedung sembilan lantai yang jika sudah selesai sepenuhnya akan menjadi gedung tertinggi di Kota Kudus.

Baca juga :  Katanya Warga Muhammadiyah Menurun Drastis, Benarkah?

Pukul 09.30 wib, keduanya bersama rombongan kemudian bergerak ke Getassrabi, kampung halaman Prof Mu’ti untuk meresmikan gedung ikonik dengan desain unik, Grha Pemuda Muhammadiyah dan PKU Muhammadiyah Getassrabi, dilanjutkan berkeliling meninjau amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah yang ada di Getassrabi.

Pasangan Emas

Legenda pasangan emas tidak hanya ada di dunia bulutangkis Susi Susanti dan Alan Budikusuma yang berhasil mengawinkan media emas olimpiade kemudian keduanya berumah tangga sampai sekarang.

Pasangan emas juga ada di Muhammadiyah. Bagaimana Pak Haedar dan Bu Noor mulai mengabdi di Persyarikatan sejak dari ortom, tepatnya IPM. Hingga kemudian saat ini sejarah mencatat keduanya menjadi Ketum PP Muhammadiyah dan Aisyiyah seperti KH Ahmad Dahlan dan Nyai Walidah dahulu kala.

Alhamdulillah, atas izin Allah istri saya juga kader IMM dan sekarang aktif di Aisyiyah. Sementara saya jelek-jelek gini juga aktif di Muhammadiyah, meskipun payu-ne hanya di level ranting.

Baca juga :  Dari Sayur Pare hingga Yaumil Hisab

Terus terang, berpasangan dengan sesama aktivis, terlebih Muhammadiyah dan Aisyiyah meringankan langkah dan aktivitas saya dalam berkhidmat sebagai kader. Setidaknya saya tidak harus memberi pengertian bahwa “istri pertama” saya adalah Muhammadiyah, baru istri yang di rumah. Secara otomatis hal itu langsung dipahami. Tentu saja demikian pula sebaliknya, bahwa suami pertama istri saya adalah Aisyiyah dan amal usahanya, sementara saya hanyalah suami kedua.

Kembali pada Pak Haedar dan Bu Noor, tokoh sentral kita. Keduanya menginspirasi bahwa menjadi pasangan aktivis bukan halangan untuk tetap harmonis dalam rumah tangga, sukses dalam pendidikan ataupun karir. Selain sehidup semati, mereka juga se Muhammadiyah – Aisyiyah. Barangkali jika boleh disebut, mereka adalah Kyai Dahlan dan Nyai Walidah abad kedua.

Sehat selalu Ayahanda dan Ibunda, teruslah menginspirasi hingga makin banyak pasangan emas yang mendedikasikan diri berkhidmat di Muhammadiyah – Aisyiyah.

*Penulis adalah pengagum berat Pak Haedar dan Bu Noor

Related posts
Opini

UKT Ugal-Ugalan: Pendidikan untuk Siapa?

Oleh: Riza A. Novanto, M.Pd – Pemerhati Pendidikan, Dosen STIKes Muhammadiyah…
Read more
Opini

Mengenal Karakter Umum Pengikut Salafi

Oleh: Dr H Ali Trigiyatno, MAg – Ketua Majelis Tabligh PWM Jateng Berdasarkan pengamatan…
Read more
Opini

Menebar Kebaikan di Era Disrupsi

Oleh : Syahirul Alem – Pustakawan SMP Muhammadiyah 1 Kudus Era Disrupsi sudah tidak…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *