EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

OUTING CLASS, SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN BERIKAN SUASANA BELAJAR YANG BERBEDA

OUTING CLASS, SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN BERIKAN SUASANA BELAJAR YANG BERBEDA

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyan Birrul Walidain laksanakan outing class untuk kelas 3 dan 4 tanggal 9 Maret 2023 di Agrowisata Amanah Karanganyar dan kelas 1 dan 2 di Kampoeng Kopi Banaran pada Selasa, 14 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru.

Kegiatan outing class dengan bertema outbond ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk karakter pemberani anak, menambah keakraban antarteman, dan melatih disiplin siswa. Jamaluddin Kamal, Kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain mengatakan bahwa kegiatan tersebut memang sudah menjadi program unggulan dan tahunan sekolah sebagai bekal untuk anak-anak agar mereka kelak menjadi pribadi yang tangguh, mandiri dan kreatif dengan potensinya masing-masing.

Kegiatan outbond kelas 1 dan 2 diawali dengan doa bersama di sekolah, kemudian berangkat menuju Kampoeng Kopi Banaran, dan sesampainya di sana, siswa melaksanakan outbond bersama. Siswa melatih keberanian dan kelincahan dengan berjalan melalui jaring, merangkak, flying fox, sepeda tali, dan berenang. Tak hanya melatih fisik, siswa pun diajak untuk berkeliling kebun kopi dengan kereta dan mendapatkan pengetahuan mengenai budidaya kopi di Kampoeng Kopi Banaran.

Baca juga :  Daftar 11 Formatur Terpilih PDM Kudus Periode Muktamar 48

Kegiatan outbond kelas 3 dan 4 diawali dengan doa bersama di sekolah, kemudian berangkat menuju Agro Wisata Amanah. Sesampainya di Agrowisata Amanah, siswa diajak melakukan pemanasan dengan senam, kemudian siswa mengikuti kegiatan pengenalan budidaya ikan, pembuatan pelet (makanan ikan) dari bahan sisa makanan, pendakian bukit, tangkap ikan, pengenalan anatomi ikan, susur sungai, permainan outbond, menanam seledri, pengenalan budidaya sapi perah, kambing etawa, kelinci, unggas, panen wortel, permainan air, dan kegiatan terakhir yang diikuti siswa kelas 3 dan 4 yaitu berenang.

Harapannya, melalui outing class, pembelajaran yang didapatkan siswa tidak hanya sebatas mendapatkan pengetahuan di dalam kelas saja, namun juga siswa mampu belajar untuk lebih menaklukkan rasa takutnya dan belajar untuk menjadi lebih berani saat kegiatan outbond. Siswa juga bisa belajar untuk berinteraksi dengan masyarakat, mengenal wilayah luar kota Kudus, belajar budidaya kopi, ikan, unggas, dan sapi langsung dari petani dan peternaknya.

Baca juga :  Ikhtiar Minta Turun Hujan, Ribuan Siswa Muhammadiyah Di Kudus Gelar Sholat Istisqa'

Pengalaman baru untuk siswa dan pastinya merupakan hal yang menyenangkan untuk siswa bisa beraktivitas di luar kelas secara bersama-sama, setelah selama pandemi kegiatan outing class seperti ini dibatasi. Kegiatan outing class di luar kota ini pun perdana dilaksanakan di SD Muhammadiyah Birrul Walidain setelah pandemi. Terlihat pula kebahagiaan dari wajah siswa selama mengikuti kegiatan tersebut, siswa kelas 1 dan gurunya pun menciptakan tepuk penambah semangat untuk kelasnya dan mereka melakukan tepuk spirit hampir di setiap kegiatan yang mereka lalui, serta diaharapkan pula dapat memberikan susana belajar yang berbeda bagi siswa.

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: Twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : Fiki Kusuma Astuti

Editor : d

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *