Kabar JatengKares PekalonganNews

Musywil Muhammadiyah Aisyiyah Jateng Akan Diselenggarakan di Kota Tegal, Berikut Agenda Lengkapnya

Musywil Muhammadiyah Aisyiyah Jateng Akan Diselenggarakan di Kota Tegal, Berikut Agenda Lengkapnya

muriamu.id, semarang — Musyawarah Wilayah (Musywil) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Jawa Tengah Periode Muktamar 48, di Kota Tegal, Jawa Tengah akan digelar 3-5 Maret 2023 mendatang, berbagai persiapan juga telah dilakukan untuk menyambut gawe besar tersebut. (28/12/22).

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu menyampaikan informasi dengan menggelar pertemuan dengan para wartawan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jateng, Jalan Singosari Raya Semarang, Rabu (28/12/2022). 

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Dr. KH Tafsir MAg, Sekretaris PWM Jawa Tengah sekaligus Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Musywil Drs H Wahyudi, MPd, Ketua PW ‘Aisyiyah Jawa Tengah Dr. Hj. Umul Baroroh, MAg, serta Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PWM Jawa Tengah Dr. Teguh Hadi Prayitno MHum, MM, MH.

Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir menyampaikan terdapat 4 agenda Musywil yang pertama yakni laporan pelaksanaan program PWM Jateng periode 2015 – 2020, yang diperpanjang dua tahun karena Covid-19.

Agenda kedua yakni penyusunan program lima tahun ke depan, ketiga pemilihan PWM untuk lima tahun ke depan. Dan agenda terakhir penyusunan Rekomendasi.

“Keempat agenda tersebut diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan rekomendasi yang memberikan manfaat yang lebih untuk umat dan bangsa,” ucap Tafsir.

Baca juga :  Ganjar Pranowo : Muhammadiyah Sudah Berkelas Dunia

Anggota  Musywil Muhammadiyah sebanyak 1.520 orang, sedangkan dari ‘Aisyiyah sebanyak 430 orang, sehingga total sebanyak 1.950 orang. Anggota adalah yang memiliki hak suara dan hak memilih. 

Sementara itu peninjau dan penggembira yang akan menyemarakkan Musyil diperkirakan mencapai kurang lebih lima ribu peserta.

Sekretaris PWM Jawa Tengah sekaligus Ketua Panitia Pemilihan Musywil PWM Jawa Tengah Wahyudi menjelaskan, sebanyak 72 nama bakal calon formatur PWM Jawa Tengah telah resmi ditetapkan Panitia Pemilihan (panlih) Musywil. 

“Mereka diusulkan oleh 12 orang anggota PWM Jawa Tengah, diusulkan oleh 35 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se Jawa Tengah serta diusulkan oleh Ortom PW Muhammadiyah Jateng,” ucapnya.

Panlih Musywil telah mengirimkan surat pernyataan kesedian dicalonkan kepada 72 orang bakal calon formatur tersebut. Panlih memberikan batas akhir pengembalian surat kesediaan dicalonkan pada tanggal (13/1/2023). 

“Apabila pada tanggal tersebut tidak mengembalikan surat kesediaan dicalonkan, maka dianggap tidak bersedia dicalonkan sebagai calon formatur PWM Jawa Tengah,” tambahnya.

Setelah itu, Wahyudi menyebutkan nama-nama bakal calon formatur yang telah bersedia dicalonkan akan dipilih dalam Musyawarah Pimpinan (Musypim) PWM Jawa Tengah, untuk memilih 39 calon tetap formatur. Musypim diikuti oleh PWM Jawa Tengah dan 35 PDM se Jateng yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2023 di Kabupaten Tegal.

Baca juga :  Terpilih Kembali Sebagai Ketua PWM Jawa Tengah, Ini Pernyataan Tafsir

“Sebanyak 39 nama calon formatur tetap yang terpilih dalam Musypim PWM Jawa Tengah, akan dipilih dalam Musywil tanggal 3-5 Maret 2023 di Kota Tegal, menjadi 13 orang formatur PWM Jawa Tengah. Sebanyak 13 orang formatur  terpilih dalam Musywil akan melakukan musyawarah untuk menentukan siapa Ketua PWM Jawa Tengah beserta jabatan lainnya seperti Sekretaris, Bendahara, Wakil Ketua dan sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWA Jawa Tengah Umul Baroroh juga berharap agar Musywil Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Tengah berjalan lancar.

“Berbagai persiapan tengah kami laksanakan, semoga sebelum dan setelah Musywil terlaksana berjalan lancar tanpa kendala,” ucapnya.

Selain itu Umul juga menyampaikan Musywil ‘Aisiyah akan memilih 7 orang formatur. Selanjutnya 7 orang formatur tersebut yang akan menyusun kepengurusan 11 orang Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah. Rencananya Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Hj. Salmah Orbayyinah, MKes Apt, akan hadir memberikan sambutan, sedangkan yang membuka Musywil adalah Prof. Dr. Haedar Nashir, MSi.**

Kontributor : pwmjateng
Editor : Z

Related posts
IslamKesehatanNewsPopuler Jepara

Aisyiyah Cabang Tahunan Antusias Berlatih Aneka Olahan Ikan

Muriamu.id, Jepara – Memenuhi undangan dari Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, kelompok…
Read more
Kares KeduNewsSekolah

PHBS dan zero sampah jadi gerakan serentak peringatan Milad 'Aisyiyah ke 107 di Kab Magelang

Muriamu.id, Magelang – Pada Rabu (15/5) Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kompak Bela Palestina, Ribuan Siswa dan Mahasiswa Muhammadiyah se-Kudus Kutuk Agresi Zionis Israel

Muriamu.id, Kudus — Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Universitas Muhammadiyah Kudus dan…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *