NasionalNews

Mubaligh Hijrah AMMAKSDA 1445 H

Mubaligh Hijrah AMMAKSDA 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta – Mubaligh Hijrah merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadhan oleh Madrasah Muallimin-Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan Mubaligh Hijrah ini wajib bagi kader tingkat 4 dan 5 dengan bertujuan untuk mengasah kemampuan dan skill santri dalam berdakwah di masyarakat serta membuka kepekaan peduli terhadap masyarakat dan sesuai tujuan dan cita-cita Muhamadiyah yaitu menjunjung tinggi agama Islam dan mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Melalui kegiatan ini Madrasah memiliki peran yang besar untuk mencetak kader-kader yang akan siap diterjunkan kepada masyarakat.

Kegiatan Mubaligh Hijrah ini ditempatkan di beberapa tempat, ada yang dikirim ke luar negeri, ada yang di luar pulau, ada yang diadakan oleh Organisasi Daerah salah satunya bernama AMMAKSDA (Asosiasi Mu’allimin Mu’allimaat Klaten Semarang dan Sekitarnya). Untuk kegiatan Mubaligh Hijrah Jawa tengah bagian tengah, pada tahun ini kesempatan untuk ber-Mubaligh jatuh di Kota Surakarta (Solo).

Santri Mubaligh Hijrah yang diterjunkan di Surakarta berjumlah 45 santri, dengan 25 santri Mu’allimin dan 20 santri Mu’allimaat. Tepat pada hari Sabtu tanggal 9 Maret 2024 resmi dibuka di Kantor Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta.

Baca juga :  Jelang Muktamar Muhammadiyah, Haedar Nashir Letakkan Batu Pertama Pembangunan 2 Unit Asrama Mu'allimin

Acara pembukaan tersebut sebagai seremonial kegiatan Mubaligh Hijrah selama 20 hari ke depan. Pembukaan Mubaligh Hijrah Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat resmi dibuka oleh perwakilan dari Madrasah.

Kegiatan seremonial ini ditempatkan di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta dan diterima serta disambut baik oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah yaitu Bapak KH. Anwar Sholeh beserta jajarannya dan dihadiri oleh seluruh ketua PCM se-Solo Raya.

Dalam 20 hari ke depan para santri akan mengadakan kegiatan ramadhan dan melaksanakan kegiatan ibadah lainnya seperti halnya mengadakan pembagian takjil kemudian mengadakan Pesantren Kilat dan Ramadhan Festival di SD Muhammadiyah 16 Surakarta dan dakwah di tengah masyarakat Muhammadiyah Surakarta.

Agenda besar lainnya yaitu Tabligh Akbar yang InsyaAllah akan diisi oleh Bapak KH. Tafsir, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

AMMAKSDA adalah Organisasi gabungan dari santri Muallimin dan Mu’allimaat Muhammadiyah yang berkiprah sudah lebih dari 33 tahun lamanya tak sedikit kegiatan yang diselenggarakan oleh AMMAKSDA, diantaranya kegiatan sosial kemasyarakatan berupa Mubaligh Hijrah, kegiatan Idhul Adha yakni berqurban, dan mengkaderisasi seluruh anggota santri yang berada di bawah naungan sekitar Klaten, Semarang dan lain sebagainya.

Baca juga :  Sambut Musyda IPM, IPM Kudus Gelar Seminar Menikah karena Rencana, Bukan karena Bencana

Sebagai bagian dari dakwah dan peran di masyarakat maka kegiatan Mubaligh Hijrah ini akan menjadi teladan kaderisasi santri Madrasah Mu’allimin-Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk berdakwah di tengah masyarakat, maka kegiatan seperti ini menjadi alat penggerak anak panah ketika siswa atau santri sudah lulus dari Madrasah.

Kegiatan Mubaligh Hijrah ini didukung oleh pihak Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimaat serta didukung oleh wali santri dan seluruh simpatisan donatur yang mendonasikan dananya untuk kegiatan tersebut.

Ucapan terima kasih dari panitia AMMAKSDA kepada seluruh pihak yang telah berkecimpung dan mensukseskan kegiatan ini. Semoga Allah selalu memperluas segala rezeki hamba-Nya. Aamiinn.

Kuntum Khoiru Ummati Ukhrijat Linnas.

Kontrobutor: Emira Firdausi Iskandar (Santri Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta kader tingkat 5)

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *