News

MTs Muhammadiyah Surakarta Gelar Screening Kesehatan

MTs Muhammadiyah Surakarta Gelar Screening Kesehatan

Muriamu.id, Solo – Puluhan siswa baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Surakarta mengikuti kegiatan screening kesehatan anak sekolah bersama Puskesmas Purwodiningratan. Kegiatan berlangsung dari jam 08.00 WIB sampai dengan selesai di depan ruang Tata Usaha(TU), Rabu (3/8/2022)..

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang Kesiswaan Juni Tur Endah Rusdiyani mengatakan screening kesehatan anak sekolah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dengan bekerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dari Puskesmas dengan sekolah-sekolah SMP dan SMA di wilayah Purwodiningratan.

“Dikarenakan masih pandemi maka selama 2 tahun screening kesehatan anak sekolah dilaksanakan secara online. Alhamdulillah tahun ini untuk screening kesehatan bisa diadakan secara langsung,”tandasnya.

Kegiatan screening dimulai dari pendataan siswa. Setelah itu, petugas pertama melakukan pengecekan tinggi badan dan berat badan. Selanjutnya, dilakulan uji kelainan mata rabun jauh/dekat.

Sementara itu, petugas yang kedua mengecek buta warna dengan meminta anak menyebut angka dari campuran berbagai warna di selembar kertas. Tahap selanjutnya yaitu pengecekan telinga dari siswa. Kemudian, pada tahap terakhir petugas ketiga khusus mengecek kondisi kesehatan mulut dan gigi dari siswa. Selain itu, petugas kesehatan juga mengimbau kepada siswa untuk pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi.

“Dalam pelaksanaanya kegiatan screening ini diikuti sebanyak 34 siswa dan 3 petugas kesehatan dari Puskesmas Purwodiningratan. Ketiga petugas tersebut memiliki tugas masing-masing untuk melakukan pengecekan kesehatan tiap siswa,”imbuhnya.

drg. Nita Rupirda primatika, selaku Koordinator UKS Puskesmas Purwodiningratan menjelaskan tujuan pelaksanaan screening kesehatan ini untuk memeriksa status kesehatan siswa.

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memeriksa status kesehatan siswa, mulai dari status gizi yang diketahui dari tinggi badan dan berat badan nanti dibandingkan dengan umur. Bagaimana status gizinya kurang atau lebih, kurus atau obesitas. Setelah itu, pemeriksaan mata, ada kelainan atau buta warna. Kemudian, pemeriksaan kebersihan diri mulai dari telinga, rambut, kuku, gigi, dan mulut,”jelasnya.

Tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan, dari serangkaian kegiatan tersebut dia juga memberikan edukasi kepada siswa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Apabila setelah kegiatan ini ditemukan permasalahan pada siswa dia mengimbau untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Hal tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa pada waktu proses pelaksanaan screening guna menjaga kebersihan diri dan kesehatannya. Apabila dalam proses screening ditemukan masalah kesehatannya maka akan kita rujuk untuk datang ke fasilitas kesehatan terdekat,”pungkasnya.

Kontributor, Jatmiko.

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *