IslamKabar MuriaNewsPopuler Jepara

Mengenal Sosok Kang Darlin, Kokam Plajan Yang Selalu Setia Dengan Kokam

Mengenal Sosok Kang Darlin, Kokam Plajan Yang Selalu Setia Dengan Kokam

Muriamu.id, Jepara — Di usia yang semakin senja bukan berarti harus berhenti untuk mengabdi. Hal ini dibuktikan oleh Kokam ( komando kesiapsiagaan angkatan muda Muhammadiyah) yang cukup ” berumur” .

Dialah Agus Sudarlin, anggota kokam asal PRPM Plajan, Pakis Aji Jepara. Pria kelahiran Jepara 1-12-1964 ini masih bangga berbaju Kokam. kesetiaan pria asal dukuh Suwaluh Plajan ini dibuktikan dengan saat ada masyarakat desa Plajan yang rumahnya tertimpa tanah longsor beberapa waktu lalu.

Ditanya kenapa dia masih aktif di kokam Pria yang sudah mempunyai cucu 2 ini mengatakan, “Kalau ada giat apa saja kalau saya dikabari ataupun tahu sendiri saya insyaallah hadir. Banyak teman yang bisa saya peroleh dengan ikut kegiatan Kokam meski anggota kokam yang seumuran saya sudah banyak nggak aktif “.

Kang Darlin sapaan akrab Agus Sudarlin mengaku sudah lama menjadi kokam. Berbagai ajang dan kegiatan sudah pernah ia ikuti sampai lupa persis tahunnya. ” Ya kira – kira tahun 90an saya ikut kegiatan kokam baik di daerah Jepara atau luar Jepara, ya seangkatan dengan almarhum Ali Rosyid. kalau saya dikasih tahu saya insyaallah hadir. Pertama kali saya ikut kegiatan di Jepara itu di desa Sumanding, untuk kegiatan kokam luar Jepara di Temanggung”, terang Kang Darlin.

Baca juga :  Dosen UMKU Berikan Terapi Kognitif  untuk Pasien Gangguan Mental Skizofrenia

Meski seangkatan dengan almarhum Ali Rosyid Kokam legendaris asal Plajan, Kang Darlin tetap berbaur dalam giat kokam dan tetap bangga dengan Kokam hal ini yang membuat Komandan Kokam Pakis Aji , Sa’roni menjadi segan dan menaruh hormat kepada Kang Darlin.

“Saya merasa bangga dan malu jika di usia yang sudah tua pak Darlin masih semangat ber Kokam dan masih bangga memakai seragam dorengnya kokam, harapannya untuk pemuda muhammadiyah bisa meneladani pak Darlin yang tetap semangat berMuhammadiyah, karena berorganisasi tidak ada batas pensiun “, terang Sa’roni. Ahad malam 19/3/2023 M, 28 Syakban 1444 H.

Baca juga :  Gelar I'tikaf Ramadan, Masjid Baitussalam Bae Siapkan Ratusan Porsi Sahur Setiap Hari

Menurut Sa’roni Kang Darlin sekarang lebih banyak ikut kegiatan bakti sosial kokam di tingkat ranting daripada kegiatan pengamanan di tingkat cabang maupun daerah. ” Beliau ini lebih banyak tampil di kegiatan sosial dan beliau bangga selalu memakai kaos kokam seperti waktu kerja bakti membantu ada masyarakat yang rumahnya kena tanah longsor. Saya salut atas semangat beliau. Luar biasa pengabdian sebagai kokam”, pungkas Sa’roni.

Sosok Kang Darlin yang tetap setia mengabdi di kokam meski sudah bercucu layak untuk menjadi teladan bagi generasi muda untuk tetap mengabdi di persyarikatan Muhammadiyah pada umumnya dan Kokam pada khususnya.

Editor : d

Related posts
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Kapolsek Kudus Kota : Silahkan Jadikan Masjid Polsek Kota Sebagai Markas AMM

Muriamu.id, Kudus — Kapolsek Kudus Kota, Bapak Subkhan, menyampaikan pada Angkatan Muda…
Read more
NasionalNews

Muhammadiyah Tetapkan Hari Rabu 10 April 2024 Sebagai Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Muriamu.id, Yogyakarta — Memperhatikan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler Kudus

Muhammadiyah Kabupaten Kudus Siap Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H di 34 Titik Lokasi

Muriamu.id, Kudus — Melihat keputusan PP Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *