NasionalNewsPopuler KudusSekolah

Membanggakan, Siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lolos Final Kompetisi Ilmuwan Muda

Membanggakan, Siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lolos Final Kompetisi Ilmuwan Muda

Muriamu.id, Kudus – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) setiap tahunnya menggelar kompetisi bagi remaja dalam melakukan knovasi dan invensi bidang teknologi. Kegiatan ini bertajuk National Young Inventor Award (NYIA) yang tahun ini memasuki edisi ke-15. Peserta NYIA adalah remaja setingkat siswa SD, SMP dan SMA. Mereka harus bersaing dengan ribuan sekolah dan ratusan ribu siswa di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini diselenggarakan tiap tahun oleh BRIN (dulu LIPI). Untuk bisa mendapatkan finalis ini tidak mudah karena jurinya, karya ilmiahnya juga diuji, kriterianya mana yang punya potensi inovasi,” tutur Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah Abdulah Mukti sebagaimana dilansir dari Muhammadiyah.or.id pada Ahad (09/10).

Dalam NYIA ke-15 yang diselenggarakan tahun 2022, dari 50 sekolah, dua sekolah Muhammadiyah berhasil masuk final. Mereka adalah Muhammad Husni Rahardian dari SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus, Kudus, Jawa Tengah dengan karya berjudul HICANE (Tongkat Hiking Pramuka Anti Nyasar). Berikutnya Abdurrahman dan Siti Azzahra Ramadhani Larekeng dari SMP Muhammadiyah 36 Jakarta, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Keduanya menulis karya dengan judul: “Swist” Aplikasi Scooter Wisata Berbasis Android dan Microcontroller Arduino Mega.

Keberhasilan dua sekolah Muhammadiyah ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi keluarga besar persyarikatan. Hal ini menjadi penanda bahwa sekolah-sekolah yang bernaung di Muhammadiyah, dapat bersaing ketat dengan sekolah unggulan lainnya dalam skala nasional.

Kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain, Jamaludin Kamal menyebut pihaknya saat ini tengah berkonsentrasi mempersiapkan materi dan presentasi untuk ditampilkan di babak final.

“Mohon doa restu, semoga kami dapat meraih juara sekaligus mengharumkan nama Persyarikatan dan Kabupaten Kudus di kancah nasional.” terangnya.

Kontributor: Sam
Redaktur: Sam

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *