NasionalNewsPopuler Kudus

MDMC Kudus Siapkan Skenario Perpanjangan Tanggap Darurat Banjir Kudus

MDMC Kudus Siapkan Skenario Perpanjangan Tanggap Darurat Banjir Kudus

Muriamu.id, Kudus – Musibah banjir yang terjadi di Kudus belum juga berhenti. Setelah sembilan hari terkepung banjir, kondisi sebagian wilayah Kabupaten Kudus belum menunjukkan tanda perbaikan. Bahkan di sebagian lokasi ketinggian air justru meningkat.

Menurut data BPBD Kudus sebagaimana dilansir dari detik.com, banjir saat ini masih merendam sebagian wilayah Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Kaliwungu, dan Jekulo. Total ada 25 desa yang kebanjiran. Warga yang terdampak banjir ada 40.568 orang, 876 di antaranya mengungsi.

Kurniawati Wulan Sari, salah satu warga desa Kedungdowo yang juga menjadi relawan di Masjid Al Islam dukuh Tuwang menyampaikan bahwa hari ini (Kamis/ 05/01) ketinggian air di Setrokalangan justru meningkat dan pengungsi di masjid Al Islam terus bertambah.

Baca juga :  Gandeng MDMC Kudus, SMK Muhammadiyah Kudus Adakan Pelatihan SAR

“Ketinggian air naik, pengungsi di Masjid juga bertambah.” Jelasnya.

Banjir di Kudus terjadi karena meningkatnya intensitas hujan dan luapan Sungai Wulan yang merupakan air kiriman dari wilayah Kabupaten Grobogan dan Blora.

Sementara di sisi lain, naiknya gelombang laut juga mengakibatkan air pasang dan rob, sehingga air sungai tidak dapat mengalir ke laut karena pasang, termasuk di hilir sungai Wulan. BMKG memprediksi gelombang tinggi masih akan terjadi hingga 3-4 hari ke depan. Kondisi ini menyebabkan banjir di Kudus berpotensi lebih lama surut.

MDMC Kudus sedianya melaksanakan tugas di Posko Pelayanan Dapur Umum LPB – MDMC Kudus di Masjid Al Islam Tuwang selama 5 hari terhitung sejak hari Ahad, tanggal 1 Januari 2023 dan sedianya berakhir hari ini, Kamis, 5 Januari 2023. Namun sampai hari terakhir, belum ada tanda-tanda pelayanan dihentikan.

Baca juga :  MDMC Kudus: Lokasi Bencana Bukan Tempat Wisata

“Sampai saat ini belum ada keputusan, pelayanan di posko akan dihentikan atau dilanjutkan, namun apapun keputusannya kita sudah siapkan scenario kegiatan untuk empat hari ke depan.” Jelas Habibie, salah satu relawan MDMC Kudus yang standby di lokasi.

Di lokasi sendiri, relawan masih terlihat melakukan aktivitas di dapur umum, misalnya dari Pimpinan Ranting Aisyiyah Getassrabi yang kebetulan hari ini mendapatkan tugas piket dari LLHPB PD Aisyiyah Kudus. Bantuan juga masih terus berdatangan, antara lain dari TP PKK Kabupaten Kudus dan PHRI Kudus.

Related posts
IslamKesehatanNewsPopuler Jepara

Aisyiyah Cabang Tahunan Antusias Berlatih Aneka Olahan Ikan

Muriamu.id, Jepara – Memenuhi undangan dari Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, kelompok…
Read more
Kares KeduNewsSekolah

PHBS dan zero sampah jadi gerakan serentak peringatan Milad 'Aisyiyah ke 107 di Kab Magelang

Muriamu.id, Magelang – Pada Rabu (15/5) Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana…
Read more
IslamKesehatanPopuler Kudus

Tingkatkan Ketangguhan Hadapi Bencana, LLHPB 'Aisyiyah Giatkan Penanaman Mangrove di Kawasan Pesisir

Muriamu.id, Demak – Lembaga Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *