IslamPopuler Kudus

Masjid Baitussalam Bae, Pusat Dakwah Islam Berkemajuan di Kudus Utara

Masjid Baitussalam Bae, Pusat Dakwah Islam Berkemajuan di Kudus Utara

Muriamu.id, Kudus – Masjid Baitussalam yang baru saja diresmikan oleh Sekum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti pada hari Sabtu, 04 Maret 2023 lalu terletak di desa Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Masjid ini memiliki sejarah panjang dan tidak dapat dilepaskan dari perkembangan Muhammadiyah di Kecamatan Bae.

Menurut penuturan Heri Iskandar, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bae, Masjid Baitussalam pembangunannya dimulai sekitar tahun 1966-1967.

“Semula berupa aula dengan luas 10 x 12 m2. Kemudian karena dipakai untuk kegiatan ibadah jumatan, ditambah nama menjadi Aula Baitussalam. Kemudian seiring dengan berkembangnya jamaah dan perkembangan dakwah direnovasi kembali dan diperluas dengan ukuran 12 x 22.” kisahnya.

Heri juga menjelaskan bahwa seiring dengan berkembangnya dakwah Muhammadiyah di Kecamatan Bae, pada tahun 1970-an membangun madrasah, dan sebagian lahan masjid digunakan untuk kegiatan sekolah madrasah.

“Hingga saat ini, untuk renovasi terakhir yang diresmikan Prof Mu’ti, telah mengalami perluasan yang kesekian kalinya.

Pembongkaran dimulai pada tanggal 17 Juni 2018 oleh Pak Mu’ti, dan diresmikan pada hari Sabtu, 04 Maret 2023 juga oleh beliau. Jadi, beliau yang mengawali pembongkaran dan beliau pula yang meresmikan.” jelasnya.

Baca juga :  Bagi Yang Mudik Ke Kota Kudus, Berikut Lokasi dan Khatib Shalat Idul Fitri Warga Muhammadiyah di Kudus

Heri Iskandar juga menuturkan bahwa saat ini luas total masjid ini sekitar 700 meter persegi, lantai bawah dan atas. Secara keseluruhan komplek Masjid Baitussalam dan Madrasah Diniyah memiliki luas tanah sekitar 2000 m², dengan bangunan madrasah dan masjid, dan ditambah tanah pinjaman dr pemerintah desa Bae, sejumlah 500 m² untuk bangunan TK ‘Aisyiyah.

“Di sekitar lingkungan komplek Masjid Baitussalam juga berdiri TK Aisyiyah, KB Aisyiyah dan MI Muhammadiyah Bae.” tambahnya.

Heri Iskandar berharap dengan peresmian ini, Baitussalam yang kini berkembang menjadi komplek Masjid dapat difungsikan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat pendidikan agama, untuk memperkuat dakwah Muhammadiyah di Kudus Utara, khususnya kecamatan Bae, lebih khusus lagi di desa Bae.

“Dukungan kuat dari para sesepuh, pengurus Takmir dan Pimpinan Ranting menjadi pendorong kuatnya perkembangan fisik infrastruktur daripada perjuangan Muhammadiyah dalam menegakan amar makruf nahi munkar, disamping penguatan agama Islam dan ideologi Muhammadiyah, untuk mewujudkan cita-cita menjadi Negeri yang Indah dalam ampunan dan lindungan Allah SWT.” jelas Heri.

Baca juga :  Masjid sebagai Alternatif Mahasiswa Muhammadiyah Menyikapi Problem Sosial

Sebagai pusat Dakwah Masjid ini juga mengadakan bermacam kegiatan diantaranya rutin Tahsin Alquran, pengajian setiap malam Jumat, kajian rutin agama, kultum setelah sholat magrib setiap malam sabtu dan gerakan Sholat subuh berjamaah setiap Ahad pon, dan latihan Tapak suci Putera Muhammadiyah setiap malam Jumat setelah isya’ dan berbagai kegiatan lainnya.

“Dengan bermacam kegiatan ini sebagai barometer kehidupan dakwah yang ada di Muhammadiyah Bae.” tutur Heri.

Disamping pusat dakwah di Masjid Baitussalam, PRM Bae juga mengelola Masjid Darussalam yang terletak di dukuh Bendo, Bae dan Mushola Nurul Ikhlas di dukuh Karangsambung Bae.

Bersamaan waktu dalam peresmian Masjid Baitussalam Bae, salah satu warga asli Bae yang sekarang tinggal di Jakarta, menyampaikan inisiatifnya untuk berwakaf tanah sebagai rintisan rumah tahfid/pondok pesantren tahfid Quran, semoga rencana ini segera terwujud dan menjadi penguat dakwah dalam mencetak kader Qurani dan menjadi kader masa depan sebagai kader umat dalam menjadikan Muhammadiyah yang berkemajuan.

Isk/ Sam

Related posts
EdukasiKabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

Booking 3 Gerbong Kereta, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Lakukan Edutrip

Muriamu.id, Kudus — SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus atau yang sering disebut SDMBW Kudus…
Read more
IslamPopuler Kudus

Gelar Upgrading, PDNA Kudus Perkuat Soliditas Pimpinan Baru

Muriamu.id, Kudus – Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kabupaten Kudus periode Muktamar…
Read more
IslamPopuler Kudus

'Aisyiyah Cilik Ini Menarik Perhatian Jamaah Pengajian Akbar Milad 'Aisyiyah Kudus

Pengajian Akbar Puncak Peringatan Milad ‘Aisyiyah ke 107, Ahad, 26 Mei 2024 di PCA Mejobo yang…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *