NewsPopuler Jepara

Manfaatkan Momen Idul Adha, PCPM Jepara Kota Gelar Lapak Kurban

Manfaatkan Momen Idul Adha, PCPM Jepara Kota Gelar Lapak Kurban

Muriamu.id, Jepara – Momen idul adha yang datang setahun sekali menjadi berkah bagi pedagang hewan kurban musiman. Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Jepara Kota dibawah pimpinan ketua Ali Fikri dan sekretaris Bashor Akhirudin turut memanfaatkannya untuk berjualan hewan kurban khususnya kambing.

“Usaha ini sudah dimulai beberapa tahun lalu, bahkan dirintis sejak tahun 1990-an oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Jepara Kota namun sempat terhenti yang kemudian dilanjutkan oleh PCPM,” jelas Bashor Akhirudin.

Lapak hewan kurban ini terletak di lokasi strategis, Jl. Jendral Sudirman Demaan, tepatnya di sebelah selatan Stadion Kamal Junaidi Jepara. Hewan kurban yang dijual khusus kambing dengan kisaran harga antara 2.5 juta – 6.5 juta rupiah.

Baru sehari dibuka sejak Rabu sore (06/07), hingga berita ini ditulis (Kamis, 07/07) Basor mengaku sudah menjual 16 ekor kambing, termasuk pesanan. Sedangkan puncak penjualan diperkirakan pada hari Sabtu (10/07) atau H-1 idul adha berdasarkan keputusan pemerintah.

“Untuk pembeli sebagian besar berasal dari masyarakat umum, yang memang ingin berkurban kambing atau tidak bisa ikut syirkah karena rombongannya tidak mencukupi,” jelasnya.

Selektif Memilih dan Merawat Hewan

Sebagai bentuk antisipasi penyebaran PMK yang sedang mewabah saat ini, Bashor mengaku mendatangkan kambing dari lokal Jepara, khususnya Jepara bagian utara seperti Bangsri, Keling dan Donorojo yang relatif masih bebas PMK. “Kami bekerjasama dengan pengepul untuk menjamin ketersediaan dan kualitas kambing,” tambah Bashor.

Untuk perawatan, Bashor mengaku memberikan ramuan khusus untuk menjaga daya tahan dan meningkatkan nafsu makan. Malam harinya kita putarkan murottal agar hewan lebih tenang,” tambahnya.

Kontributor: Sam Elqudsy
Redaktur: Sam Elqudsy

Related posts
Kabar JatengKabar MuriaKares SoloNewsPopuler Kudus

Lomba Semarak Cabang Ranting, PRM Getassrabi Sabet Dua Penghargaan

Muriamu.id, Solo – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Getassrabi menjadi juara 3 dalam…
Read more
Kabar JatengKares SoloNews

Puja puji dan Permintaan Bantuan Presiden Joko Widodo kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah

Muriamu.id, SURAKARTA- Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya untuk…
Read more
Kabar JatengKares SoloNews

LLHPB PWA Jateng Turut Donasikan Bibt Tanaman Dukung Muktamar ke 48

Sambut muktamar muhammadiyah aisyiyah ke 48 , Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *