IslamKares SemarangKesehatan

LLHPB Temanggung Juara Lomba 3R Milad Aisyiyah Jawa Tengah

LLHPB Temanggung Juara Lomba 3R Milad Aisyiyah Jawa Tengah

Muriamu.id, Semarang – Dalam rangka mensosialisasikan Green Muktamar dan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS), divisi Media dan Publikasi Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah mengadakan lomba dengan tema 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Lomba ini juga wujud kiprah LLHPB mensosialisasikan pengurangan sampah sebagai wujud dari pengurangan resiko bencana yang sudah diupayakan selama satu periode muktamar ini. Sebagai peserta adalah seluruh LLHPB PDA se Jawa Tengah.

Pengumuman pemenang dilaksanakan serentak bersama kegiatan lomba dari majelis/lembaga lainnya antar PDA se Jawa Tengah dalam acara acara resepsi milad PWA Jawa Tengah di gedung pertemuan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) pada hari Sabtu (13/08) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, hadir dari unsur LLHPB PWA Jawa Tengah, wakil ketua PWA Jawa Tengah koordinator bidang LLHPB Chusnul Hayati, Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng Deny Ana I’tikafia, Sekretaris Sri Sumarsih, Anggota divisi Penanggulangan Bencana Siti Ruminten.

LLHPB Temanggung Juara Pertama

Sebagai pemenang lomba yaitu juara 1 dari LLHPB Temanggung, Juara 2 LLHPB Kabupaten Magelang dan juara 3 dari LLHPB kota Magelang. Penyerahan hadiah oleh Sri Gunarsi dari PWA Jateng.

LLHPB Temanggung mengangkat aksi nyata SD Muhammadiyah Parakan yang telah menerapkan program komposter secara kontinyu selama 2 tahun terakhir, juga sebagai sekolah adiwiyata dan pemenang lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat kabupaten.

Sementara juara 2 dari LLHPB Kabupaten Magelang, tentang bagaimana proses membuat ecoprint yang saat ini sedang marak digerakkan oleh tim Alang (Aisyiyah Magelang), serta pemanfaatan dedaunan dibuat aneka macam produk terutama kain.

Juara 3 dari LLHPB Kota Magelang mengangkat penerapan 3R di Magelang seperti penggunaan sapu tangan dan wadah “besek” anyaman dari bambu, pemakaian wadah air minum juga toples yang tidak sekali pakai serta pemilahan sampah organik dan an organik.

Ketua LLHPB PWA Jateng menyampaikan apresiasinya kepada pada pemenang, ”Selamat bagi para pemenang lomba, ke depan mari kita agendakan kegiatan luring jelang muktamar kita akan mengadakan Dapur Umum dan GMPS di area lokasi muktamar mendatang,” pintanya.

Secara internal, ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng Deny Ana I’tikafia berterimakasih kepada tim media dan publikasi yang telah mengadakan lomba tingkat wilayah ini serta berharap kegiatan serupa dapat direplikasi oleh PDA se Jawa Tengah.

Kontributor: Deny Ana I’tikafia
Redaktur: Sam Elqudsy

Related posts
IslamNasionalNewsSekolah

Jelang Muktamar Muhammadiyah, Haedar Nashir Letakkan Batu Pertama Pembangunan 2 Unit Asrama Mu'allimin

Muriamu.id, Yogyakarta – Di tengah padatnya aktivitas menjelang Muktamar Muhammadiyah dan…
Read more
IslamNasionalNews

Tak Hanya Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, Nasyiah Juga Gelar Muktamar Blended

Muriamu.id, Bandung – Bulan November 2022 menjadi bulannya Muktamar bagi Muhammadiyah dan…
Read more
IslamKampusNasionalNews

Expert Meeting PSM UMY Proyeksi PP Muhammadiyah 2022-2027: Tak Sekadar Darah Segar

Muriamu.id, Yogyakarta – Pusat Studi Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *