News

Langkah Nyata KL LAZISMU Sudan, Wujudkan Wakaf Sumur

Langkah Nyata KL LAZISMU Sudan, Wujudkan Wakaf Sumur

Muriamu.id, SUDAN — Langkah Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Sudan dalam mewujudkan program Wakaf Sumur semakin nyata. Kali ini, kolaborasi dilakukan dengan menggandeng mitra lokal, yaitu Rowahil Sudan. Lembaga ini merupakan lembaga non pemerintah (Non Goverment Organization/NGO) yang bergerak di bidang filantropi. Kolaborasi tersebut dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Ahad (06/11) di Kantor Layanan Rowahil Sudan.

Pada penandatanganan MoU antara KL Lazismu PCIM Sudan dengan Rowahil Sudan, pihak Lazismu dihadiri oleh Waznin Allief selaku pengelola program wakaf, Koordinator Lapangan Achmad Helmi Fuadi, dan Staf Keuangan Syahrul Abdi. Dari pihak Rowahil Sudan diwakili oleh Direktur Syaikh Utsman dan Koordinator Lapangan Syaikh Musa dan Muhammad. Dalam kesepakatan yang dijalin, Lazismu berperan sebagai penyandang dana dan menjadi pengawas kerja, sementara pihak Rowahil bertugas mengerjakan proyek, mencari bahan-bahan terbaik dan juga mencari tempat yang cocok dalam pembangunan sumur.

Waznin Allief selaku pengelola program wakaf KL Lazismu PCIM Sudan menyampaikan, amanah yang diberikan ini harus disikapi secara profesional. Oleh karena itu, kerja sama ini harus bisa menjadi penghubung agar dana umat dapat terdistribusi dengan baik sesuai syariah. Hal ini bertujuan agar para donatur dan mereka yang terlibat dalam program ini akan mendapatkan pahala jariyah.

“Pengalaman pertama jadi takut. Diberi amanah jadi harus belajar profesionalitas, menghubungkan dana umat agar dana tersebut terdistribusi dengan baik dan sesuai syariah. Semoga menjadi amal jariyah yang terus menerus,” terang Waznin.

Mewakili Rowahil Sudan, Syaikh Utsman berharap agar kerja sama ini dapat membawa Rowahil menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ia pun berharap agar kolaborasi serupa dapat terus dijalin dengan Muhammadiyah. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada Lazismu yang sudah membantu masyarakat Sudan melalui program yang digagas bersama ini.

“Rowahil bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia dan juga bisa berkolaborasi lagi dengan Muhammadiyah di bidang-bidang lainnya. Terima kasih dengan Lazismu yang sudah membantu meringankan beban masyarakat Sudan di Desa Umkati. Semoga pahala terus mengalir kepada siapa saja yang berperan dalam proyek ini,” ungkap Syaikh Utsman.

Program wakaf sumur ini merupakan salah satu bentuk kepedulian KL Lazismu PCIM Sudan dalam mengatasi permasalahan krisis air bersih yang kerap mendera warga Sudan, sementara mereka harus bertahan hidup di tengah suhu 40 derajat Celcius dengan iklim gurun. Selain itu, program ini sekaligus menjadi langkah KL Lazismu PCIM Sudan dalam memperluas manfaat kepada penduduk internasional, sehingga tak terbatas hanya untuk masyarakat Indonesia yang berada di Sudan.

Kerja sama yang melibatkan dua lembaga antar negara pada program wakaf sumur untuk penduduk Sudan ini mendapat respon positif dari pihak Rowahil Sudan. KL Lazismu PCIM Sudan merupakan lembaga asing yang menjadi inisiator gerakan kebaikan bagi masyarakat Sudan. Harapannya, kerja sama ini akan membuka pintu kerja sama lainnya di masa mendatang dalam program kebaikan serta menjadi syiar internasional.

Kontributor : Faradilla

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *