NasionalNews

Komitmen Ketahanan Pangan Nasional, JSM Fasilitasi Penyaluran KUR Syariah

jsm
Foto bersama dalam rangka ketahanan pangan

Muriamu.id, Jakarta — Sebagai komitmen membangun ketahanan pangan nasional di tengah inflasi, Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) menfasilitasi penyaluran dan pendampingan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah bersama Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah di Jakarta Rabu (23/11).

Ketua PP JSM Bambang Wijonarko dalam keterangannya mengatakan, penyaluran dan pendampingan KUR Syariah ini selaras dengan komitmen keberpihakan Muhammadiyah terhadap ekonomi kelas menengah dan bawah. Maka dari itu, KUR Syariah yang difasilitasi oleh JSM tersebut akan fokus pada sektor-sektor pertanian, peternakan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Maka usai Muktamar ke–48 di Solo–Jawa Tengah, kami akan sosialisasikan program ini kepada warga Muhammadiyah, khususnya anggota JSM,” ucap Bambang.

Penyaluran KUR Syariah di Muhammadiyah, diakui oleh Ketua PP JSM, merupakan sesuatu yang baru dan tak pernah dilakukan di Muhammadiyah. Namun karena strategisnya KUR Syariah sebagai komitmen perbankan syariah dalam mendukung Petani, Peternak & UMKM serta keuangan inklusi, membuat JSM ]berkolaborasi di program KUR Syariah yang selama ini diakui memiliki dampak terhadap pengentasan  kemiskinan.

Kerjasama dengan pihak Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah. di penyaluran & pendampingan KUR Syariah ini, sebagai embrio bagi JSM dalam mendorong lahirnya “Gerakan Ketahanan Pangan Nasional” yang akan diluncurkan oleh PP JSM dalam waktu dekat, sebagai bentuk penguatan & stabilitas ekonomi dari hulu hingga hilir.  Apalagi selama ini JSM sudah membangun kemitraan dengan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) sebuah BUMN dibawah Kementerian Perdagangan.   

“Sinergisitas dan kolaborasi bisnis inilah yang harus dikembangkan oleh para JSM dan pelaku bisnis yang ada di Persyarikatan,”ujar Bambang.

Dengan adanya pendampingan penyaluran KUR Syariah ini, Ketua JSM berharap, bisa dioptimalkan oleh warga Muhammadiyah, khususnya anggota JSM diseluruh lndonesia, dalam berbagai kewirausahaan, apalagi plafon pembiayaan yang diberikan dalam KUR Syariah ini jumlahnya cukup besar sehingga memiliki manfaat dalam perkuatan permodalan.         

Kontributor : jsm

Related posts
News

Salmah Orbayinah Terpilih Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah 2022 - 2027

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno X telah menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum…
Read more
NasionalNews

Tok! Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027 Ditetapkan

Muriamu.id, SURAKARTA — Berlangsung lebih cepat, Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48…
Read more
NasionalNews

Siti Noordjannah Djohantini Suara Tertinggi, Berikut 7 Nama Formatur Pemilihan Anggota Pimpinan Pusat 'Aisyiyah

Muriamu.id, Surakarta — Sidang Pleno IV Muktamar ‘Aisyiyah yang berlangsung Sabtu malam…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *