Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus dari Masa ke Masa
IslamNewsPopuler Kudus

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus dari Masa ke Masa

Muriamu.id, Kudus – Merujuk pada tulisan Abdul Ghofur berjudul “Jelang Seabad Cabang Muhammadiyah Kudus, Siapa Layak Jadi Pimpinan” yang tayang di muriamu.id beberapa waktu lalu, disebutkan bahwa Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus pada mulanya adalah sebuah “cabang” Muhammadiyah tertua yang usianya hampir menginjak 1 Abad. Hal ini bisa dilihat dari akta pendirian yang tertempel di kantor PDM Kudus atau membaca buku karya Amien Budiman berjudul ‘KUDUS’ dimana pada tahun 1925 cabang persyarikatan Muhammadiyah di Kudus berdiri, dipimpin oleh K.A. Mukti yang memang ditugasi oleh pimpinan Muhammadiyah di Yogyakarta untuk berkarya di Kudus bersama beberapa orang mubaligh lainnya.

Selain dinahkodai K.A. Mukti yang ‘garang’ baik di atas mimbar maupun saat memanfaatkan media cetak, Muhammadiyah Kudus juga didukung oleh saudagar atau pengusaha. Mengutip sumber Lance Castles, Margana menyebut beberapa tokoh perintis pendiri Muhammadiyah di Kudus adalah H.M. Abdul Kadir, dan H. Asikin yang merupakan pengusaha rokok skala nasional.

Baca juga :  Panti Asuhan Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Kab Magelang ikuti Jambore LKSA/PSAA se Jateng

Selanjutnya mengutip hasil penelitian Skripsi Herry Purnomo berjudul Sejarah Perkembangan Muhammadiyah Cabang Kota Kudus Tahun 1920-2013 sebagaimana dimuat di web kudus.muhammadiyah.or.id disebutkan bahwa Muhammadiyah berdiri di Kudus awalanya adalah sebagai Cabang Kudus yang bisa dipastikan sama berdirinya Muhammadiyah di Cabang Blora pada tahun 1921 secara resmi di akui oleh pemerintahan Belanda pada saat itu. Namun paham ini lebih dahulu berkembang ke masyarakat melalui perdagangan dan pengajian. Akhirnya paham ini mengispirasikan untuk mendirikan SD Muhammadiyah pada tahun 1920 yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya misionaris belanda yang pada saat itu sudah memiliki sekolah HIS Maden Biebel, kemudian Muhammadiyah mendirikan sekolah HIS Moehamadien Maden Qur’an. 

Baca juga :  Jama'ah Sampai Melebihi Perhitungan, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kudus Gelar Milad Aisyiyah Ke 109 H / Ke 106 M

Salah satu kelemahan dalam penelusuran sejarah Muhammadiyah Kudus adalah minimnya data yang dimiliki. Hery Purnomo menyebut kurangnya penertiban dokumentasi penting sehingga Muhammadiyah di Cabang Kota dan di Kudus umumnya tidak mempunyai data dokumen yang telah lalu. Bahkan sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa kali pelaksanaan Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kudus.

Baca juga :  Ajak Siswa Siswi Refreshing Setelah PAS, SD Muhammadiyah Birrul Adakan Kegiatan Di Alam

Daftar Ketua PDM Kudus dari Masa ke Masa

Selanjutnya, tim muriamu.id berupaya melakukan penelusuran jejak sejarah siapa saja Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus dari masa ke masa, berdasarkan bukti foto Ketua PDM Kudus yang terpasang di Kantor PDM Kudus, Jl. KH. Noorhadi Janggalan Kudus.

  1. H Abdillah Noor (1966 – 1970)
  2. H Abdul Halim (1971-1975)
  3. H Mahmudi Ahmad (1976-1980)
  4. H Abdul Halim (1981-1985)
  5. H Noorfan Soenaryo (1986-1990)
  6. H Choeron Yunus (1991-1995)
  7. H Khusnin Basri, BA (1996-2000)
  8. H Khusnin Basri, BA (2001-2005)
  9. H Fachrur Rozy, SE, MM (2006-2009)
  10. H Achmad Hilal Madjdi (2010-2015)
  11. H Achmad Hilal Madjdi (2015-2022)
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus dari Masa ke Masa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *