Kares SoloSekolah

Kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Adakan PPL di Kraton Solo

Kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono Adakan PPL di Kraton Solo

Muriamu id, Boyolali – Selasa, 20 September 2022, siswa siswi kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono berkesempatan mengunjungi Keraton Surakarta. Sebanyak 85 siswa mengikuti tour di Keraton dengan tujuan pengenalan edukasi sejarah sejak dini. Acara dipandu wali kelas yakni Ustadzah Nasekhatun, Ustad Danang Prbudi L, Ustadzah Novita Ratnasari Putri. dengan menggunakan tiga armada Bus Dari Banyudono menuju Kraton Solo.

Ketika sampai di keraton, para siswa sangat terpukau menyaksikan bangunan yang memadukan sentuhan etnis Jawa dengan Eropa pada arsitektirnya. Pada ruangan pertama kami ditunjukkan gambar raja-raja keraton terdahulu, disusul dengan kursi/singgasana raja yang tampak klasik. Diruangan selanjutnya kami disuguhkan beberapa peralatan makan yang dibuat dari perunggu dan replika kuda perang lengkap dengan pakaian perangnya. Diujung ruangan kedua ada Al Qur’an Jawa. Al Qur’an tersebut diterjemahkan dalam bahasa Jawa dan menggunakan aksara Jawa.

Baca juga :  Siswa Kelas IV SD Muh PK Banyudono PPL di Industri Kipas

Ketika keluar ruangan kami diajak untuk melihat sumur Songo yang berbentuk kotak. Selanjutnya kami diarahkan untuk masuk keruangan ketiga yang berisi peralatan perang. Disana ada pistol, anak panah dan busurnya, meriam dan tombak. Diujung ruangan ada replika peperangan.

Ustadzah Putri wali kelas IIC menuturkan adapun tema PPL kali ini adalah Edukasi Kearifan lokal dengan mengungkap Historis Kraton Solo. adapun target dari kegiatan ini adalah memberikan gambaran sejarah kraton mataram dan mengenal peninggalanya. selain itu tentunya nya belajar bentang budaya buatan manusia. Makanya Setelah dari kraton Solo, Setelah selesai keliling museum Keraton Surakarta kami beranjak untuk sholat dhuhur Masjid Hj Sudalmiyah Rais UMS untuk menyaksikan Bentang Budaya Modern. kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Edutorium UMS. Ketika memasuki Edutorium anak anak tampak sangat terkesima, karena terlihat sangat megah. Edutorium berbentuk lingakaran dan terdiri dari dua lantai. Tempat ini akan menjadi venue muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48.

Baca juga :  UMS Dorong Mahasiswa Ikuti Program IISMA, Akselerasi Menuju World Class University

Sementara Ustad Danang Prambudi Selaku Wali Kelas IIB Menambahkan ‘ kami ajak ke Edutorium UMS Siswa mengenal dunia pendidikan tingginya dan bentang budaya buatan manusia yang masih baru. dari hari ini kita bisa belajar bentang budaya masa lalu dan sekarang ‘jelas Danang Mengakiri penjelasannya.

Kontributor: Pujiono

Redaktur: Sam

Related posts
Kares KeduNewsSekolah

PHBS dan zero sampah jadi gerakan serentak peringatan Milad 'Aisyiyah ke 107 di Kab Magelang

Muriamu.id, Magelang – Pada Rabu (15/5) Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana…
Read more
Kabar MuriaNewsPopuler KudusSekolah

WISUDA TAHFIZ DAN KHATMIL QUR’AN SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN KUDUS

Muriamu.id, Kudus — Lantunan Al-Qur’an surah An-Naba’ dan Al-Qalam mengalun dari…
Read more
Kares SoloSekolah

Mubaligh Hijrah Gelar Tabligh Akbar di Solo, Hadirkan Kyai Tafsir dan Wildan AKSI Indosiar

Muriamu.id, Solo – Puncak acara Mubaligh Hijrah Mu’allimin Mu’allimaat Klaten…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter
Sign up for Davenport’s Daily Digest and get the best of Davenport, tailored for you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *