HW SMK Muhammdiyah Kudus Bekali Siswa dengan Materi Dasar Evakuasi Bencana
EdukasiNewsPopuler KudusSekolah

HW SMK Muhammdiyah Kudus Bekali Siswa dengan Materi Dasar Evakuasi Bencana

Muriamu.id, Kudus – SMK Muhammadiyah Kudus melaksanakan extra Hizbul Wathan. Siswa dari semua jurusan kelas X mengikuti extra Hizbul Wathan setiap hari Jum’at mulai pukul 13: 30.

Salah satu materi yang diberikan adalah dasar-dasar evakuasi bencana yang disampaikan oleh pemateri Satrio Yudho Budi Wicaksono selaku wakil ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Kudus.

Pada kegiatan ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang 1 untuk kelas X TKJ 1, X TKJ 2, X TKR 1, X TSM 1, X TAV, X TP dilaksanakan pada hari Jum’at tgl 17 Februari 2023, sedangkan gelombang 2 untuk kelas X TKJ 3, X TKR 2, X TKR 3, X TSM 2, X PF dilaksanakan hari Jum’at tgl 24 Februari 2023.

Baca juga :  Sambut Milad SMK ke 30, SMK Muhammadiyah Kudus Adakan Olimpiade IPA dan Matematika tingkat SMP dan MTS

Dalam kegiatan dengan materi evakuasi ini, para siswa diberikan teori dasar, lalu dilakukan praktek dan simulasi. Penyampaian teori dilaksanakan di aula sedangkan praktek digelar di lapangan SMK Muhammadiyah Kudus. Teknisnya, siswa dibuat berkelompok sejumlah 4-5 orang, lalu mempraktikkan teori yang telah diberikan.

“Siswa sangat antusias dalam kegiatan ini. Mereka kooperatif selama kegiatan berlangsung. Tidak malu untuk bertanya dan semangat ketika melaksanakan simulasi evakuasi di lapangan” Ujar Diah Indrawati selaku pembina Hizbul Wathan.

Baca juga :  Rektor UMKU Apresiasi Workshop Evaluasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker UMKU

Keterampilan evakuasi ini sangat penting di kuasai oleh siswa dan sukarelawan yang terlibat langsung di lokasi bencana.

Diah selaku pembina berharap supaya dengan diberikannya materi evakuasi ini anak-anak mempunyai bekal ilmu PPGD (pertolongan pertama gawat darurat) ketika mereka menghadapi situasi seperti kebakaran, gempa atau lainnya yg harus segera mendapatkan pertolongan.

Baca juga :  UMKU Salurkan Donasi untuk Korban Bencana Cianjur

Ikuti terus berita terupdate dari muriamu.id dan jangan lupa follow sosmed kami

ig : instagram.com/muriamuid

fb : facebook.com/muriamuid

twitter: twitter.com/muriamuid

tiktok : tiktok.com/@muriamu.id

Kontributor : z

Editor : dy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *